2 Pelaku Balap Liar Diciduk Polisi, Motor Ditilang, Knalpot Disita

2 Pelaku Balap Liar Diciduk Polisi, Motor Ditilang, Knalpot Disita

Sigit/RU.ID- Pelaku balap liar di Ketahun yang berhasil diamankan tim Polsek Ketahun--

RADARUTARA.ID- Keseriusan jajaran Mapolsek Ketahun dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terus dioptimalkan.

Selain memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan objek-objek vital dan menyampaikan himbauan. Pantauan terhadap arus lalulintas di seputar wilayah hukum Polsek Ketahun juga menjadi konsen petugas Patroli malam.

Konkretnya, dari kegiatan Patroli yang berlangsung Sabtu (11/11) malam, tadi. Sedikitnya ada dua pelaku balap liar (Bali) yang terjaring dan terpaksa diamankan oleh petugas. Dari pengamanan, itu sedikitnya polisi berhasil menyita dua kendaraan roda dua (R2) yang diduga digunakan oleh masing-masing pelaku untuk aksi Bali.

"Kita ada Patroli rutin setiap malam yang ditujukan untuk memantau situasi Kamtibmas di objek-objek vital sekaligus untuk memantau arus lalulintas di seputar wilayah hukum Polsek Ketahun. Dan hasilnya, tadi malam petugas berhasil mengamankan dua pemuda yang diduga sedang melakukan aksi Bali," ungkap Kapolsek Ketahun, Iptu Freddy Simaremare, SH.

BACA JUGA:Berniat Cari Mobil Bekas yang Tangguh, Sepertinya Ini Rekomendasi Mobil Rp60 Jutaan Ini Bisa Jadi Pilihan

Selain mengamankan dua orang terduga pelaku aksi Bali, kata Kapolsek, petugas juga berhasil mengamankan dua unit kendaraan sepeda motor milik kedua terduga pelaku Bali, melakukan penyitaan terhadap knalpot racing dan memberikan pembinaan tegas kepada masing-masing pelaku.

"Termasuk sanksi Tilang, juga kita terapkan sebagai shock terapi," tegasnya.

Di sisi lain, lanjut Kapolsek, selain menerapkan sanksi tilang. Upaya pembinaan kepada para pelaku Bali yang terjaring oleh petugas, ini juga dilakukan. Diantaranya para pelaku Bali, ini juga dituntut untuk membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya kembali dan menganti kelengkapan atau seluruh komponen kendaraan sesuai dengan aturan lalulintas.

"Besar harapan kami, para generasi penerus ini bisa tertib, patuh hukum dan bisa bersama-sama menekan terjadinya kecelakaan lalulintas di wilayah hukum kita," pintanya.

BACA JUGA:Polsek Ketahun Tempatkan Personil Polisi Lalulintas di Titik-titik Rawan, Ini Tujuannya

Lebih jauh, Kapolsek, memastikan, pihaknya akan tetap mengedepankan langkah-langkah preventif dalam upaya menciptakan situasi Kamtibmas khususnya, yang disebabkan oleh kenakalan para remaja.

"Pencegahan akan terus rutin kita laksanakan ke sekolah-sekolah untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas yang disebabkan oleh kenakalan para remaja, khususnya pelajar. Dan secara luas, kita juga akan kerahkan pembinaan terhadap masyarakat melalui peran para Bhabinkamtibmas di setiap desa," demikian Kapolsek.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: