4 Surat Surat Alquran Anjuran Rasulullah yang Bisa Dibaca saat Sholat Dhuha, Amalan Mengundang Rezeki

4 Surat Surat Alquran Anjuran Rasulullah yang Bisa Dibaca saat Sholat Dhuha, Amalan Mengundang Rezeki

4 Surat Surat Alquran Anjuran Rasulullah yang Bisa Dibaca saat Sholat Dhuha, Amalan Mengundang Rezeki--

RADARUTARA.ID - Selain melaksanakan ibadah wajib, umat islam juga berlomba-lomba untuk melakukan ibadah sunah salah satunga sholat Dhuha.

Bukan hanya dilakukan ketima bulan puasa saja, tetapi Sholat Dhuha bisa dilakukan setiap hari.

Tata cara menunaikan sholat Dhuha sama dengan cara menunaikan sholat fardhu 5 waktu. Tetapi untuk jumlah rakaat untuk Sholat Dhuha mempunyai perbedaan.

Minimal dua rakaat, sebanyak-banyak 12 rakaat, dengan tiap dua rakaat kemudian salam terakhir. Ada pula bacaan surat pendek dalam Alquran yang dianjurkan Rasulullah untuk dibaca ketika Sholat Dhuha.

BACA JUGA:Besarnya Biaya Nyumbang di Gunung Kidul Sampai Membuat Warga Pindah Rumah, Netizen Usul Pemerintah Buat Aturan

Dalam kitab Al-Taqriratus Sadidah disampaikan bahwa ada 4 surah Alquran yang disarankan untuk dibaca. Adapun empat surah yang dimaksud, yakni surah As-Syams, Ad-Dhuha, Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.

Habib Hasan bin Ahmad bin Muhammad bin Salim al-Kaf berkata seperti berikut ini:

Ketika melakukan sholat Dhuha, dua rakaat sholat Dhuha dibaca surah Al-Syamsi, Al-Dhuha, Al-Kafirun dan Al-Ikhlas. Pada kitab Hawasyi Tuhfatil Muhtaj disebutkan bahwa apabila kita melaksanakan sholat dua rakaat, maka yanh lebih utama membaca surah Al-Syamsi di rakaat pertama dan surah Al-Dhuha di rakaat kedua.

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Baihaqi dari Uqbah, dia berkata:

Ketika melaksanakan sholat Dhuha, dua rakaat sholat Dhuha dibaca surah Al-Syamsi, Al-Dhuha, Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.

BACA JUGA:Tanggul Laut Raksasa Mulai Retak, Benarkah Jakarta Akan Tenggelam

Berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Baihaqi dari Uqbah, dirinya berkata:

Rasulullah SAW memerintahkan kami untuk melaksanakan dua rakaat sholat Dhuha dengan membaca dua surah, yakni Al-Syamsi dan Al-Dhuha.

Sedangkan apabila kita melakukan sholat Dhuha lebih dari dua rakaat, maka dua rakaat pertama disunnahkan untum membaca surah Al-Syamsi dan Al-Dhuha, dan dua rakaat selanjutnya membaca surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: