6 Nasehat Sederhana dari Mbah Moen Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Hidup Lebih Tenang dan Bahagia

6 Nasehat Sederhana dari Mbah Moen Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Hidup Lebih Tenang dan Bahagia

6 Nasehat Sederhana Dari Mbah Moen Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Hidup Lebih Tenang Dan Bahagia.--

Jikalau hati berat Jangan pernah sekali-kali menyiksa badan ke dalam hal yang tidak baik biarlah hati Yang terluka tetapi bukan badan yang tersiksa.

 

4. Jadilah Orang yang Tidak Begitu Tertarik Urusan Dunia

Mbah moen juga pernah menyampaikan kepada kita untuk senantiasa tidak mengejar harta duniawi, sebab jikalau kita pandai bersyukur maka harta tersebut akan datang pada kita dengan sendirinya melalui usaha yang secukupnya. Karena harta duniawi diibaratkan sama dengan bayang-bayang yang apabila kita kejar maka akan semakin menjauh.

BACA JUGA:Gus Baha: Jika Ingin Punya Anak yang Sholeh, Jangan Ucapkan Hal ini kepada Mereka, Dosa Terancam Tak Diampuni

5. Jika Menginginkan Sesuatu Jangan Berlebihan Memikirkannya, Agar Tidak Cepat Mati

Menginginkan sesuatu adalah fitrah dari seorang manusia akan tetapi menurut nasehat Mbah moen kita tidak boleh memikirkan sesuatu yang belum kita miliki secara berlebihan.

Sebab di samping membuat sesuatu yang buruk hal tersebut akan menimbulkan rasa ketergesa-gesahan untuk mendapatkannya secara cepat yang pada akhirnya bisa menghalalkan segala cara untuk melakukan keburukan.

 

6. Bagi Santri yang Selesai Belajar di Pondok, Hendaknya Selalu Istiqomah.

Nasehat yang terakhir ini adalah khusus para santri, di setiap pondok pesantren pasti mengajarkan kebiasaan baik dan kebiasaan baik tersebut merupakan bentuk amal saleh yang pernah dipelajari.

Oleh sebab itulah Mbah moen menitipkan pesan agar senantiasa Istiqomah melakukan kebiasaan baik tersebut agar terus ilmu yang dipelajari tidak sia-sia hanya di pondok pesantren saja.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: