Selain Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga, Ini Manfaat Lain Saat Mengamalkan Sholawat Asyghil

Selain Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga, Ini Manfaat Lain Saat Mengamalkan Sholawat Asyghil

Selain Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga, Ini Manfaat Lain yang Bisa di Dapat Saat Mengamalkan Sholawat Asyghil--

RADARUTARA.ID - Dengan mengamalkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW niscaya kita akan memperoleh ganjaran pahala yang besar dari Allah SWT. Saking istimewanya sholawat, Allah dan malaikat-Nya saja bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sehingga tak ada alasan untuk kita sebagai umat muslim untuk malas bersholawat.

Salah satu bacaan sholawat yang masyhur di kalangan kaum muslimin yakni Sholawat Asyghil. Sholawat ini juga sangat terkenal dibaca oleh para umat muslim di Indonesia, khususnya di kalangan pesantren. Hampir di setiap waktu contohnya ketika istighasah ataupun di waktu subuh atau maghrib, sholawat ini sering dilantunkan secara berjamaah.

Sholawat Asyghil pertama kali dibaca oleh Al Imam Ja’far Ash-Shodiq. Beliau sering membaca sholawat ini saat membaca doa qunut sholat subuh. Beliau hidup pada akhir masa Dinasti Umayyah dan di awal era Dinasti Abbasiyyah yang saat itu penuh intrik dan juga konflik politik.

BACA JUGA:Bisa Kaya Raya Jalur Langit, Amalkan Sholawat Jibril Penarik Rezeki dari Segala Arah Berikut Ini

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu Ada 10 Negara yang Dinobatkan dengan Mata Uang Terlemah di Dunia

Tetapi, sejarah juga mengatakan sholawat terkenal dengan sebutan Sholawat Habib Ahmad bin Umar Al-Hinduan Ba 'Alawy. Musbabanya, Sholawat Asyghil ini juga  termasuk sighat sholawat yang tercantum dalam kitab Habib Ahmad bin Umar yakni Alkawakib Almudhi’ah fi Zikris Shalah ‘ala Khairil Bariyyah.

Adapun bacaan dari Sholawat Asyghil yaitu sebagai berikut ini:

Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa asyghilizh zholimin bidz zholimin wa akhrijna min bainihim salimin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in. 

Yang Artinya: “Ya Allah, berikanlah sholawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang zalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah sholawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau,”.

Sementara manfaat dari Sholawat Asyghil untuk pembacanya yaitu memperoleh perlindungan Allah SWT dari orang-orang zalim hingga diselamatkan dari semua perbuatan ataupun tipu daya mereka. Semoga kita bisa rutin dalam mengamalkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: