Kamu Harus Tahu Ada 10 Negara yang Dinobatkan dengan Mata Uang Terlemah di Dunia

Kamu Harus Tahu Ada 10 Negara yang Dinobatkan dengan Mata Uang Terlemah di Dunia

10 Mata Uang Terlemah di Dunia, Ada Indonesia--

RADARUTARA.ID- Mata uang Dolar Amerika Serikat (AS) menjadi standar untuk nilai Mata uang global. Umumnya, perbandingan kekuatan atau kelemahan Mata uang suatu negara dibandingkan dengan Dolar AS sebelumnya.

Mata uang terkenal seperti pound sterling Inggris, franc Swiss, dan Dolar AS adalah mata uang yang sudah lama dikenal kuat dan stabil. Tetapi, menyusun daftar mata uang yang paling lemah cukup sulit karena kondisi ekonomi di negara-negara ini dapat berubah dengan cepat.

Berdasarkan laporan dari Forbes India pada tanggal 25 Agustus 2023, berikut adalah daftar negara dengan nilai mata uang terendah:

1. Iran memiliki nilai tukar 1 USD = 42,275 IRR. Penurunan nilai rial Iran terjadi akibat faktor-faktor seperti ketidakstabilan politik, perang Iran-Iraq, dan program nuklir.

2. Vietnam memiliki nilai tukar 1 USD = 23,820 VND. Sejarahnya, Vietnam mengoperasikan ekonomi terpusat. Meski telah berusaha meningkatkan perekonomiannya, Vietnam masih memiliki tantangan besar. Saat ini, dong Vietnam mengalami devaluasi yang signifikan.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Cara Menjaga Kebersihan Badan yang Benar dalam Ajaran Islam, Keuangan Bisa Lancar

3. Sierra Leone memiliki nilai tukar 1 USD = 19,750 SLL. Negara ini di Afrika Barat menghadapi tingkat kemiskinan yang parah. Sejarah Sierra Leone yang melibatkan skandal, korupsi, dan konflik menyebabkan penurunan nilai mata uang dan ekonomi.

4. Laos memiliki nilai tukar 1 USD = 19,476.31 LAK. Nilai mata uang Laos rendah sejak didirikan pada 1952. Namun, nilai mata uang ini diperkirakan akan naik secara bertahap.

5. Indonesia memiliki nilai tukar 1 USD = 15,328 IDR. Rupiah Indonesia tidak mengalami peningkatan signifikan dalam 7 tahun terakhir. Penurunan rupiah disebabkan oleh faktor seperti menurunnya cadangan devisa, kebijakan bank sentral, dan ketergantungan ekspor.

6. Uzbekistan memiliki nilai tukar 1 USD = 12,058.49 UZS. Ekonomi Uzbekistan termasuk lemah, mengakibatkan nilai mata uang yang rendah. Walaupun dampak pandemi, operasi internal akan berlanjut. Namun, penurunan produksi industri dapat mempengaruhi stabilitas nilai mata uang.

BACA JUGA:Tanpa Ribet, Ajukan Sekarang Juga, Bank BRI Tawarkan Pinjaman Online lewat Aplikasi BRImo

7. Guinea memiliki nilai tukar 1 USD = 8,578 GNF. Korupsi dan kerusuhan politik melemahkan mata uang Guinea, yang terus menurun dari waktu ke waktu.

8. Paraguay memiliki nilai tukar 1 USD = 7,249.73 PYG. Keruntuhan ekonomi Paraguay menyebabkan inflasi tinggi, pengangguran, dan kemiskinan meningkat. Faktor-faktor ini merugikan nilai mata uang Paraguay.

9. Uganda memiliki nilai tukar 1 USD = 3,728.76 USH. Shilling Uganda adalah salah satu mata uang paling rendah nilai. Uganda mengalami kemunduran ekonomi yang signifikan, meski nilai mata uangnya sedikit membaik beberapa tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: