LRT Jabodetabek Akan Diresmikan Pada 30 Agustus, Tarifnya Didiskon Selama Sebulan

LRT Jabodetabek Akan Diresmikan Pada 30 Agustus, Tarifnya Didiskon Selama Sebulan

LRT Jabodetabek Akan Diresmikan Pada 30 Agustus, Tarifnya Di Diskon Selama Sebulan. --

RADARUTARA.ID - Pada tanggal 30 Agustus 2023 mendatang LRT Jabodetabek akan diresmikan, untuk meresmikan hal tersebut rencana ini disesuaikan dengan jadwal presiden Jokowi.

Peluncuran lrt Jabodetabek akan diresmikan langsung oleh presiden Joko Widodo pada tanggal 30 Agustus 2023. Rencana tersebut telah diundur sebelumnya yang pada awalnya Pada 26 Agustus menjadi 30 Agustus sebab menyesuaikan dengan kegiatan presiden Jokowi.

Rizal menyebutkan terdapat 27 transit yang disiapkan untuk beroperasinya lrt Jabodetabek ini. Hal tersebut telah diuji dan dilakukan sertifikasi, walaupun demikian penggunaan akan tetap dilakukan dengan bertahap sesuai dengan pasar.

BACA JUGA:Amalan Dzikir Petang Pembuka Pintu Rezeki Lengkap, Arab, Latin, Beserta Artinya.

Lebih lanjut Rizal menyebutkan bahwasannya pada minggu pertama lebih kurang 10 kereta akan dioperasionalkan, setelah 2 minggu berikutnya akan dioperasikan sebanyak 17 kereta, hingga nantinya sebanyak 27 kereta akan dioperasikan keseluruhannya pada Oktober mendatang. Hal tersebut melihat sesuai dengan peluang pasar.

Untuk tarif LRT sendiri pada minggu pertama akan dikenakan Rp5.000 per kilometer, selanjutnya akan naik menjadi Rp7000 untuk setiap km.

Sementara untuk jarak terjauh untuk saat ini untuk penumpang rute Harjamukti sampai Jatimulya dengan tarif mencapai Rp. 27.400 per penumpang.

BACA JUGA:Bangun Kesiangan, Lalu Sholat Subuh Pada Pukul 5:30, Bagaimana Hukumnya?

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 67 tahun 2023 telah menetapkan tarif LRT Jabodebek sebagai bagian dari tanggung jawab pelayanan publik. Pada tanggal 14 Juli 2023, tarif tersebut diresmikan untuk mendukung layanan terintegrasi kereta api ringan (LRT) di wilayah Jabodebek. 

Sejalan dengan tujuan memperkenalkan transportasi LRT Jabodebek kepada masyarakat serta memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, pemerintah merencanakan untuk memberlakukan tarif promo.

Namun, detail besaran dan jangka waktu pelaksanaan tarif promo ini masih dalam proses perumusan konsep, termasuk regulasi hukum yang akan menjadi dasar pelaksanaannya.

Rizal menjelaskan bahwa tarif promo akan berlaku untuk semua lintas pelayanan LRT Jabodebek sejak tanggal awal pengoperasian pada 30 Agustus 2023 hingga 30 September 2023.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: