Menuju Pengembangan Desa Wisata, Mahasiswa UNIB Laksanakan Penyuluhan Pokdarwis di Kota Agung

Menuju Pengembangan Desa Wisata, Mahasiswa UNIB Laksanakan Penyuluhan Pokdarwis di Kota Agung

Septi/RU.ID- Mahasiswa KKN UNIB usai menyampaikan penyuluhan di Desa Kota Agung--

RADARUTARA.ID- Dikarenakan potensi yang dimiliki oleh Desa Kota Agung Kecamatan Air Besi dan juga pesona alam yang masih sangat alami. Sangat memungkinkan jika desa ini menjadi salah satu desa rintisan wisata dan kemungkinan bisa dikembangkan menjadi desa wisata yang menjadi tujuan wisatawan ke Bengkulu Utara.

Untuk itu Mahasiswa KKN Universitas Bengkulu periode 100 melaksanakan penyluhan pada Senin (24/7) di Desa Kota Agung dengan tema menuju Ocean View Kota Agung dan didampingi oleh Dosen Pembimbing, Dr. Ir. Yulian, M.Sc. 

Hanya saja memang diperlukan beberapa langkah untuk mewujudkan itu semua, dimana setidaknya ada 3 komponen penting yang harus dimiliki oleh Desa Kota Agung untuk menjadi desa wisata. 

1. Memiliki potensi wisata

2. Minat dan kesiapan masyarakat dalam pengembangan destinasi wisata 

3. Keunikan konsep desa wisata.

BACA JUGA:Seluruh Pungutan di Desa yang Dikelola Tanpa Perdes Sama dengan Pungli!!

Selain itu juga diperlukan beberapa faktor, diantaranya kesiapan pemerintah desa setempat, kemampuan untuk mengembangkan potensi asli daerah, menciptakan lingkungan wisata yang aman dan nyaman. Serta beragam persiapan lainnya dan tentunya harus dilaksankan secara matang dan terarah, agar rencana menuju desa wisata bisa terwujud.

Dari hasil penyuluhan telah disimpulkan beberapa point, yakni Desa Kota Agung dapat memanfaatkan spill-over/trickle down effect/efek samping dari program pengembangan kawasan wisata Palak Siring menjadi sumber pendapatan tambahan masyarakat. 

Dibutuhkan kebersamaan masyarakat untuk membangun suasana desa yang nyaman dikunjungi dan masyarakat melalui Pokdarwis bisa mulai menawarkan paket wisata di Desa Kota Agung.*

 

Dr. Ir. Yulian, M.Sc. (Pertanian)

RM Fadhil Alwafi (FEB)

Fika Tri Ajizah (FKIP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: