Jangan Sampai Salah, 3 Posisi Tidur yang Baik untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Jangan Sampai Salah, 3 Posisi Tidur yang Baik untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Ketahui 3 Posisi Tidur yang Baik untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda--

Jika anda sering mendengkur atau mengalami sleep apnea obstruktif, tidur terlentang dapat memperparah dengkuran dan membuat jalan napas semakin tertutup yang akan memperparah sleep apnea.

BACA JUGA:Pria Wajib Simak, Ternyata Gadis Rasa Janda Sudah ada Sejak Zaman Kerajaan Majapahit

BACA JUGA:Melihat Lebih Dekat Desa Kemiren, Wisata Edukasi Adat Osing di Banyuwangi

2. Tidur tengkurap

Pada dasarnya, tidur dalam kondisi tengkurap cenderung memberikan lebih banyak masalah kesehatan daripada manfaat yang bisa Anda dapatkan. Bahkan, para ahli menganggap bahwa posisi ini tergolong yang paling tidak baik daripada kedua posisi tidur lainnya. 

Saat tidur dalam kondisi tengkurap, Anda tidak lagi mengandalkan tulang belakang untuk menyangga tubuh. Bahkan, Anda akan menarik otot-otot leher hingga terasa tak nyaman, dan membatasi pernapasan. Posisi tidur ini mungkin akan dokter rekomendasikan bagi Anda yang selalu mengorok dengan suara keras setiap tidur.

Namun, masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat tidur dalam kondisi tubuh tengkurap juga cukup banyak. Mulai dari jantung yang berdetak lebih cepat, kesulitan bernapas, hingga kematian yang mungkin terjadi pada bayi jika tidur pada dalam kondisi seperti ini. 

Oleh sebab itu, hanya segelintir orang yang merasa nyaman tidur tengkurap. Sebagian besar dari mereka mengalami beberapa perubahan gaya saat tidur. Ini artinya, posisi saat bangun mungkin sudah berbeda dan tidak dalam kondisi tengkurap lagi. Namun, Anda tidak bisa mengatur perubahan tersebut selama tidur.

Jika tetap ingin tidur dengan cara tengkurap, Anda perlu mengetahui risiko apa saja yang mungkin terjadi. Setidaknya gunakan bantal tipis pada bagian bawah perut untuk menyangga tulang belakang.

Tidur tengkurap dengan bantal tipis atau tidak menggunakan bantal sama sekali pada perut dapat meningkatkan kekuatan tulang belakang.

BACA JUGA:Pria Sini Merapat, Begini Cara Baca Pikiran Janda Lewat Bahasa Tubuh

BACA JUGA:7 Rahasia Janda yang Jarang Diketahui Para Pria, No 5 Bikin Merinding

3. Tidur menyamping

Posisi menyamping juga menjadi posisi tidur pilihan bagi banyak orang. Posisi ini diduga dapat mengoptimalkan pembuangan limbah dari otak serta menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Penderita penyakit asam lambung dan sleep apnea, serta ibu yang baru melahirkan juga dianjurkan memilih posisi tidur menyamping. Meski demikian, posisi tidur ini juga memiliki kekurangan, yaitu menyebabkan ngiler saat tidur, membuat payudara kendur pada wanita, memicu kerutan pada wajah, dan membatasi pernapasan melalui diafragma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: