Wow!!! Warga Bengkulu Ini Modifikasi Mobil Bensin Jadi Berbahan Bakar Elpiji

Wow!!! Warga Bengkulu Ini Modifikasi Mobil Bensin Jadi Berbahan Bakar Elpiji

Wow!!! Warga Bengkulu Ini Modifikasi Mobil Bensin Jadi Berbahan Bakar Elpiji--

RADARUTARA.ID - Kenaikan bahan bakar minyak (BBM) jelas tentu akan menjadi beban pengeluaran bagi masyarakat Indonesia, terutama biaya transportasi. 

Antisipasi hal ini, salah satu warga Desa Bandar Jaya, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Bagio (36), mengganti bahan bakar mobilnya yang awalnya bensin (pertalite) dengan gas lpg.

Bagio yang kesehariannya sebagai mekanik serta membuka usaha bengkel las itu, mempelajari ide awal mengganti bahan bakar mobilnya selama setahun dengan cara otodidak. 

Disamping itu, untuk mengurangi pengeluaran dalam pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM). Jadi, dirinya mencari solusi dengan memodifikasi mobil Toyota Corolla DX tahun 1980 miliknya dengan berbahan bakar gas elpiji.

"Uji coba penggantian ini enggak sekali jadi, beberapa tahap dan akhirnya bisa. Pakai mobil berbahan bakar elpiji menghemat sekitar 50 persen dari pembelian BBM," ucapnya melalui akun YouTubenya  Bagio Berkaria.

BACA JUGA:BRI Ceria 2023, Pinjaman Online Kredit di Bank BRI cair Rp.25 Juta, Begini Syarat dan Ketentuannya

BACA JUGA:Pria Wajib Simak, Ternyata Gadis Rasa Janda Sudah ada Sejak Zaman Kerajaan Majapahit

Menurutnya, pemakaian elpiji sebagai bahan bakar mobil bisa dikatakan aman. Selain itu, Bahan Bakar Gas (BBG) Hybrid ini bisa dikolaborasikan secara automatis. 

Artinya kata dia, ketika kehabisan BBM, ada kran untuk memudahkan pengendara mengganti dengan bahan bakar elpiji.

"Untuk pembakarannya bagus, sudah kami buktikan untuk melakukan perjalanan dari Kabupaten Mukomuko menuju Provinsi Lampung. Alhamdulillah aman," lanjutnya.


Wow!!! Warga Bengkulu Ini Modifikasi Mobil Bensin Jadi Berbahan Bakar Elpiji--

Soal Instalasi dikendarannya, ia menggunakan alat buatannya dan beberapa bahan yang dibeli secara online. 

"Alatnya converter kita beli online, bikin rangkaiannya, seperti mixer biar masuk karburasi. Kemudian perlu jerigen berisi air untuk tempat elpiji, biar gas enggak beku," terang Bagio.

Melalui YouTubenya, dirinya juga melayani pemesanan bagi yang berminat untuk mengubah kendaraan berbahan Gas Elpiji ini. Untuk pemesanan, ia mengaku bisa secara online melalui nomer kontak yang ada di diskripsi disetiap videonya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: