Tingkatkan SDM Aparat Desa, Kecamatan Air Besi Gelar Pelatihan Epdeskel

Tingkatkan SDM Aparat Desa, Kecamatan Air Besi Gelar Pelatihan Epdeskel

Tingkatkan SDM Aparat Desa, Kecamatan Air Besi Gelar Pelatihan Epdeskel--

RADARUTARA.ID - Kamis (4/5) Pemerintah Kecamatan Air Besi Kabupaten Bengkuku Utara mengadakan pelatihan Aplikasi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel).

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari DPMD BU, Fahmiriza, Camat Air Besi Yeni Diryana, S.KM, MM, Kasi PMD Kecamatan Air Besi, Hermeliza, S.E, sekdes dan operator dari 15 Desa di wilayah Kecamatan Air Besi. Kegiatan ini merupakan tahapan yang dilakukan semua desa setiap tahun.

Desa wajib mengisi data yang ada dalam aplikasi tersebut sesuai dengan keadaan di lapangan. Hasil dari isian tersebut yang akan dijadikan pedoman untuk penilaian oleh Pemerintah Kecamatan sebelum maju di tingkat Kabupaten. 

Fahmiriza selaku Narasumber dari DPMD BU mengaku senang dengan adanya aplikasi ini. Aplikasi yang muncul pada awal tahun ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Desa.

"Dengan aplikasi ini kita jadi lebih mudah dalam mengukur kinerja Desa", terang beliau.

Selanjutnya Camat juga berharap semua peserta bisa mengikuti kegiatan dengan serius.

“Dengan pembinaan ini, maka data epsdeskel selanjutnya bisa selalu diinput secara online, sehingga pemerintah desa dapat mengetahui, juga melakukan evaluasi perkembangan desa. Apakah desa itu dengan status cepat berkembang, berkembang dan atau kurang berkembang,” kata Camat Air Besi, Yeni Diryana, S.KM, MM.

Dikatakan Yeni lagi, selama ini desa melakukan pengisian epdeskel dilakukan secara manual, dengan pembinaan kali ini, nantinya data epsdeskel bisa selalu di input secara online.

“Pembinaan pengisian data epdeskel secara online tersebut, mengacu pada Permendagri 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, dan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa dan kelurahan. Selain itu juga untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat,” terang Yeni lebih jauh. (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: