Antisipasi Bencana Alam, Kodim 0423 Bengkulu Utara Gelar Apel Pasukan Bulanan

Antisipasi Bencana Alam, Kodim 0423 Bengkulu Utara Gelar Apel Pasukan Bulanan

Antisipasi Bencana Alam, Kodim 0423 Bengkulu Utara Gelar Apel Pasukan--

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID - Bersama instansi terkait, Komando Distrik Militer (Kodim) 0423 Bengkulu Utara, menyelenggarakan apel gelar pasukan bulanan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam tahun 2023, di lapangan Markas Kodim 0423/BU, Selasa (21/3/2023).

Apel ini dipimpin langsung Dandim 0423/BU, Letkol Inf Made Mahardika, SH, MIP diikuti oleh jajaran TNI Kodim 0423/BU, Polres Bengkulu Utara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Utara, Basarnas serta Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bengkulu Utara.

Dandim mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan apel gelar pasukan dari berbagai satuan bersama lembaga pemerintah, dalam rangka mengantisipasi serta menghadapi kemungkinan terjadinya bencana di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.


Dandim 0423/BU, Kapolres dan Sekda Kabupaten Bengkulu Utara saat melihat perlengkapan kesiagaan menghadapi bencana alam--

Menurut Letkol Inf Made Mahardika, Kabupaten Bengkulu Utara secara geografis adalah pegunungan dan rawan bencana. 

Tak hanya itu saja, apel tersebut dilakukan berdasarkan rakor bencana nasional belum lama ini bersama Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo yang menekankan agar waspada terhadap cuaca ekstrem di seluruh wilayah.

"Dengan digelarnya apel siaga pada hari ini kami menghimbau kepada semua pihak terutama yang hadir untuk mengecek kesiapan dan tetap waspada di masing-masing wilayah," terangnya.

Dandim juga menyampaikan, giat apel tersebut tidak hanya kesiapan pasukan, namun segala perlengkapan juga dilakukan pengecekan guna kesiapsiagaan saat menghadapi bencana.

"Mulai dari kendaraan, alat serta semua pasukan dipersiapkan apabila terjadi bencana alam," sambungnya.

Disinggung terkait anggaran dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu, di tempat yang sama Sekda Kabupaten Bengkulu Utara, H Fitriansyah kepada radarutara.id mengatakan, bahwa semua kegiatan tentu perlu adanya anggaran. Untuk itu dana untuk tanggap bencana sudah standby melalui dana Bantuan Tak Terduga (BTT).

"Harapan kita bencana tidak ada di Kabupaten Bengkulu Utara, namun kita harus selalu waspada," jelasnya.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam diantaranya, Kapolres Bengkulu Utara, AKBP Andy Pramudya Wardhana, Sekda Bengkulu Utara, H Fitriansyah, Kepala BPBD, Eka Hendriyadi, Kadis Kominfo Bengkulu Utara, Satpol PP, Basarnas, Dinas Perhubungan, Tagana dan jajaran Kodim 0423 Bengkulu Utara. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: