Terong Disulap Jadi Manisan? Ini Resep Makanan Khas Bengkulu yang Unik

Terong Disulap Jadi Manisan? Ini Resep Makanan Khas Bengkulu yang Unik

Terong Disulap Jadi Manisan? Ini Resep Makanan Khas Bengkulu yang Unik--

BENGKULU, RADARUTARA.ID - Manisan terong adalah salah satu kuliner unik dari Provinsi Bengkulu yang tentunya menggunakan bahan utama dari terong ungu

Sempat eksis di tahun 2000an, manisan terong terlahir dari keresahan ibu-ibu rumah tangga yang jenuh cuma memanfaatkan terong sebagai lalapan dan bahan memasak, tetapi bahan bakunya berlimpah dan banyak yang terbuang.

Manisan terong ini juga sering dijuluki sebagai kurma Bengkulu oleh masyarakat setempat lantaran cita rasanya yang manis dan mempunyai bentuk dan tekstur mirip seperti kurma, cocok untuk disantap saat bersantai di sore hari sambil ditemani secangkir kopi dan teh. 

Manisan terong juga mempunyai daya tahan yang cukup lama sehingga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dalam perjalanan jauh. Penasaran seperti apa resep selengkapnya? Simak dibawah ini:

Bahan-bahan:

* 1 kg buah terong ungu

* 1 kg kopek hijau

* 1/4 kg gula pasir

* Secukupnya asam sitrat dan essence

* Secukupnya larutan kapur sirih dan air 


Cara membuat :

1. Siapkan buah terong dengan kualitas terbaik, buang bagian tangkalnya dan cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel sampai bersih.

2. Tusuk-tusuk buah terong dari kedua sisi dengan jarak sekitar 1 cm memakai garpu. Hal ini dilakukan supaya proses pemasakan bisa meresap masuk ke bagian paling dalam dari buah terong.

4. Rendam terong dalam larutan kapur dengan kadar 3 % sekitar 12 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: