Menurut Para Ahli, Ini Ciri-ciri Ibu yang Bisa Bikin Anaknya Jadi Pintar

Menurut Para Ahli, Ini Ciri-ciri Ibu yang Bisa Bikin Anaknya Jadi Pintar

Menurut Para Ahli, Ini Ciri-ciri Ibu yang Bisa Bikin Anaknya Jadi Pintar--

RADARUTARA.ID- Banyak yang mengatakan bahwa kecerdasan anak lebih banyak menurun dari ibunya. Lalu, seperti apa ciri ibu yang anaknya akan tumbuh pintar menurut para ahli?

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 1.075 data anak dalam kurun waktu 1996 sampai 2010 menyebutkan bahwa anak yang cerdas justru mempunyai ibu yang suportif.

Para ibu ini kerap memberikan dukungan terhadap semua kegiatan anak mereka.

Lebih tepatnya, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Intelegence ini menyebutkan dukungan dari ibu mempunyai hubungan yang positif dengan kepintaran sang anak.

BACA JUGA:Wisata Alam Tersembunyi di Bengkulu Tengah, Ini 8 Daya Tarik Air Terjun Tabalagan

BACA JUGA:Redakan Perih, Ini 5 Rekomendasi Obat Sariawan Terbaik di Apotek

Terutama yang berhubungan dengan kognitif dan pengetahuan umum.

Kemampuan kognitif anak ini bisa tampak berdasarkan kemampuan mengucapkan dan memahami kosakata, gerak tubuh, serta perkembangan mental anak.

Para peneliti mengatakan, anak-anak yang mempunyai ibu suportif cenderung mempunyai skor kecerdasan umum yang tinggi. Bahkan faktor-faktor lain dalam hidup si anak juga selalu positif.

"Temuan ini memperlihatkan bahwa dukungan dari ibu memengaruhi kecerdasan umum di awal kehidupan anak," ungkap penulis studi tersebut, Curtis Dunkel yang dilansir dari cnnindonesia.com.

BACA JUGA:7 Pilihan Drama Korea tentang Detektif, Dijamin Seru Engga Bikin Bosan

BACA JUGA:Kumpulan Drakor dengan Plot Twist Terbaik, Penuh Teka-Teki yang Bikin Penasaran

Walaupun demikian, penelitian ini memang tak bisa dijadikan sebagai pegangan utuh. Karena, dalam penelitian sebelumnya juga disebutkan bahwa efek ini bisa saja hilang saat anak memasuki usia dewasa.

Efek Wilson atau meningkatnya heritabilitas dengan usia juga menyebutkan bahwa pada awal kehidupan setiap individu mempunyai tingkat kepintaran yang bervariasi karena tinggal di lingkungan yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: