Istimewa, Ini 5 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid

Istimewa, Ini 5 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid

Istimewa, Ini 5 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid --

RADARUTARA.ID - Sholat Subuh bisa dilakukan secara munfarid (sendiri-sendiri) dan berjamaah. Kalau menunaikan sholat secara berjamaah, maka akan memperoleh manfaat dan keutamaan yang mulia.

Sholat Subuh adalah sholat yang dilakukan di pagi hari. Perintah sholat ini tercantum dalam Al-Qur'an surah Al Isra ayat 78. 

Umat Islam dianjurkan untuk melaksanakannya secara berjamaah lantaran mempunyai manfaat yang sangat besar. Apalagi kalau menunaikan sholat Subuh berjamaah di hari Jumat, pahalanya akan semakin bertambah banyak.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Vitamin U bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat sholat Subuh berjamaah.

1. Mendapatkan Pahala Mengerjakan Sholat Malam

Menunaikan sholat Subuh berjamaah berpeluang memperoleh pahala sholat malam yang istimewa. Rasulullah SAW pun bersabda,

"Bagi siapa yang menunaikan sholat Isya berjamaah, maka seakan-akan ia sudah menunaikan sholat di setengah malam. Dan bagi siapa yang menunaikan sholat Subuh berjamaah, maka seakan-akan ia sudah menunaikan sholat di seluruh waktu malam."

2. Akan Berada dalam Perlindungan Allah SWT

Orang yang menunaikan sholat Subuh berjamaah akan berada dalam perlindungan Allah SWT. Rasulullah SAW pun bersabda, "Bagi siapa yang menunaikan sholat Subuh secara berjamaah, maka ia akan berada dalam jaminan (perlindungan) Allah SWT."

BACA JUGA:5 Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tidak Terserang Penyakit Toksoplasmosis

3. Mendapatkan Pahala yang Tidak Diduga

Banyak umat muslim yang belum mengetahui pahala sholat Subuh berjamaah. Kalau mereka mengetahuinya, maka mereka akan berbondong-bondong menunaikannya. Rasulullah SAW pin bersabda,

"Sesungguhnya sholat yang paling berat bagi orang munafik yaitu sholat Isya dan sholat Subuh. Dan jika mereka mengetahui apa yang ada pada keduanya, pasti mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak..." (HR Bukhari dan Muslim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: