Apa Perbedaan Sholat Fajar dan Sholat Qobliyah Subuh, Mana yang Lebih Diutamakan?

Apa Perbedaan Sholat Fajar dan Sholat Qobliyah Subuh, Mana yang Lebih Diutamakan?

Apa Perbedaan Sholat Fajar dan Sholat Qobliyah Subuh, Mana yang Lebih Diutamakan?--

RADARUTARA.ID - Banyak umat muslim yang masih bertanta-tanya mengenai perbedaan antara sholat fajar dengan sholat qobliyah subuh. Lantaran pahala yang dijanjikan sangatlah besar, umat muslim dianjurkan untuk tidak melewatkan kedua ibadah tersebut. 

Kedua ibadah ini sama-sama harus dilakukan di pagi hari, lebih tepatnya sesudah adzan subuh berkumandang. Saat adzan subuh berkumandang, umat Muslim hendaknya segera bangun dari tidur dan langsung mengambil air wudhu sampai menunggu adzan selesai kemudian menunaikan sholat fajar atau sholat qabliyah subuh terlebih dahulu. Maknanya sebelum waktu itu, maka sholat fajar ataupun sholat qobliyah subuh tidak boleh ditunaikan.  

Adapun dalil atau hadits yang menganjurkan kedua amalan sunnah tersebut yakni hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari Imam Muslim bahwa Rasulullah SAW pun bersabda: 

“Dua rakaat shalat fajar lebih utama dari dunia dan seisinya” (HR. Muslim). 

BACA JUGA:Daftar 7 Negara dengan Penduduk Paling Sedikit di Dunia, Dimana Saja?

Kalau waktu mengerjakannya sama, lalu apa saja perbedaan dari sholat fajar dan sholat qobliyah subuh? Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Istilah sholat fajar atau fajr biasanya digunakan oleh umat di Jazirah Arab. Sedangkan, istilah sholat qabliyah subuh mempunyai beberapa nama lain. Sholat tersebut juga terkenal dengan sebutan sunah fajar, sunah subuh, sunah wustho, sunah barod serta sunah ghodat. 

Walaupun namanya berbeda-beda, tetapi pengertiannya tetap serupa yakni sholat sunnah dua rakaat yang dilakukan sebelum menunaikan sholat subuh. Inilah perbedaan pengertian antara sholat fajar dengan sholat qobliyah subuh.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: