5 Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tidak Terserang Penyakit Toksoplasmosis

5 Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tidak Terserang Penyakit Toksoplasmosis

5 Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tidak Terserang Penyakit Toksoplasmosis--

RADARUTARA.ID- Toksoplasma adalah sejenis penyakit yang sering diderita kucing sehingga menimbulkan kecemasan bagi pemiliknya. Toksoplasma memang dapat ditularkan oleh kucing dan menyerang segala jenis satwa dan manusia.

Infeksi toksoplasma menular melalui beberapa cara diantaranya, mengonsumsi makanan ataupun minuman yang terkontaminasi parasit tanpa sengaja, mengkonsumsi daging yang mengandung kista toksoplasma, atau dari induk yang sudah terinfeksi.

Berikut ini cara mencegah toksoplasma pada kucing supaya bisa lebih waspada.

1. Memberi Vaksin

Beri vaksin pada kucing sesuai dengan usia untuk mencegahnya terjangkit parasit Toxoplasma gondii. Tak hanya itu, pemilik juga bisa memberikan vaksin lain yang dibutuhkan anabul. Salah satunya vaksin rabies.

BACA JUGA:Petugas Pantarlih Diminta Objektif saat Melaksanakan Coklit, Panwascam: Jangan Menembak di Atas Kuda!

2. Menghindari Kontak dengan Kotoran

Bersihkan tempat kotoran kucing secara berkala paling tidak 1-2 kali sehari. Pastikan untuk selalu memakai sarung tangan saat hendak melakukan pembersihan. Kemudian, cuci tangan dengan sabun sampai bersih. Jauhkan juga anabul dari kontak dengan kotoran yang terinfeksi parasit.

3. Menjaga Kebersihan Tubuh Kucing

Perhatikan pula kebersihan tubuh kucing. Mandikan anabul paling tidak tiga kali per bulan atau seminggu sekali memakai sampo khusus. Kemudian, keringkan bulunya supaya kucing terhindar dari infeksi jamur.

BACA JUGA:Selain untuk Kesehatan, Ini Sederet Manfaat Buah Lumai dari Segi Kecantikan

4. Perhatikan Jenis Pakan

Jika ingin memberi makan anabul, pastikan untuk memilih makanan khusus kucing baik dalam bentuk basah ataupun kering. Hindari makanan mentah seperti ikan ataupun daging yang belum dimasak karena dikhawatirkan sudah terkontaminasi parasit.

5. Pastikan Kucing Tetap di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: