Keutamaan Rutin Membaca Surat Al-A’la, Salah Satunya Bisa Masuk Surga dari Segala Pintu

Keutamaan Rutin Membaca Surat Al-A’la, Salah Satunya Bisa Masuk Surga dari Segala Pintu

Keutamaan Rutin Membaca Surat Al-A’la, Dalah Satunya Bisa Masuk Surga dari Segala Pintu --

RADARUTARA.ID- Surat Al-A’la merupakan surat ke 87 dalam Al Qur’an dan diturunkan di kota Makkah sehingga disebut dengan surat Makkiyah. Surat ini diberi nama Al-A'la yang berarti 'yang paling tinggi' dan diambil dari perkataan Al A'la yang tercantum dalam ayat pertama pasa surat ini. 

Surat ini berisikan 19 ayat dan memiliki beberapa keutamaan sendiri saat diamalkan. 

Surat Al-A’la berisikan tentang perintah supaya manusia bertasbih menyebut nama Allah SWT.

Surat ini juga mengungkapkan bahwa Allah SWT memberikan peringatan supaya manusia tidak celaka dan jatuh ke dalam dosa, dan bersiap untuk menerima kehidupan yang kekal di neraka sebagai ganjarannya bagi yang kerap berbuat dosa. Namun, bagi mereka yang beriman dan mensucikan dirinya, bahagia akan menghampiri.

Selain itu, Surat ini juga mengingatkan kita supaya jangan terlena dalam kehidupan duniawi sebab sesungguhnya dunia cuma sementara dan akhirat adalah kehidupan yang kekal. Surat Al-A’la adalah penegasan supaya beriman hanya kepada Allah SWT yang juga sudah disampaikan dalam kitab sebelumnya yang diwahyukan pada Nabi Ibrahim a.s dan Musa a.s.

BACA JUGA:Selain Al-Kahfi, Ini Kumpulan Surah yang Dibaca Rasulullah Pada Hari Jumat

Surat Al-A'la mempunyai beberapa keutamaan. Berikut beberapa keutamaan membaca surat Al-A'la:

1. Boleh masuk surga dari pintu mana saja

Dari Abi Abdullah berkata:

“Bagi siapa yang membaca Surat Al-A'la di dalam salat fardu dan sunah, maka akan dikatakan kepadanya di hari kiamat, ‘Masuklah dari pintu-pintu surga manapun yang kamu kehendaki.’” (Tsawabul A’mal: 152)

2. Memperoleh pahala sebanyak huruf yang diwahyukan kepada Nabi Ibrahim, Nabi Musa dan Nabi Muhammad SAW, serta bisa mengobati penyakit telinga dan wasir

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Bagi siapa yang membaca surat ini (Surat Al-A'la), maka Allah akan memberinya pahala sejumlah semua huruf yang diwahyukan kepada Nabi Ibrahim, Nabi Musa, dan Nabi Muhammad Saw. Dan jika dibacakan atas telinga yang sakit, maka akan hilang. Dan kalau dibacakan di atas penyakit wasir berdarah, maka orang yang menderita akan segera sembuh.” (Tafsir Al Burhan, Juz 8: 260)

BACA JUGA:5 Keutamaan Membaca Doa Nabi Yunus, Memohon Ampun hingga Mencari Keberkahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: