Selain Al-Kahfi, Ini Kumpulan Surah yang Dibaca Rasulullah Pada Hari Jumat

Selain Al-Kahfi, Ini Kumpulan Surah yang Dibaca Rasulullah Pada Hari Jumat

Selain Al-Kahfi, Ini Kumpulan Surah yang Dibaca Rasulullah Pada Hari Jumat--

RADARUTARA.ID - Rasulullah SAW menganjurkan serta mencontohkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an pada hari Jumat. Selain surat Al Kahfi saja, ada beberapa surat yang disunnahkan untuk dibaca setiap hari Jumat.

Bagi umat Islam, hari Jumat merupakan hari yang istimewa dan menjadi ladang pahala. Hari Jumat dapat disebut sebagai hari yang mustajab untuk berdoa, memperoleh pahala berlipat ganda dalam beribadah, dan sebagai hari raya bagi umat muslim.

Itu sebabnya disunnahkan untuk berzikir, mengenakan pakaian bersih dan wewangian, berjalan menuju masjid, bersholawat, mendengarkan khotbah, hingga membaca surat Al-Kahfi. Banyak umat muslim yang memanfaatkan hari Jumat untuk memaksimalkan diri dalam mengerjakan amal dan kebaikan.

BACA JUGA:Bacaan Niat dan Doa Buka Puasa Arafah, Lengkap dengan Artinya

Adapun Surat-Surat yang Dibaca Rasulullah pada Hari Jumat:

1. Surat Al-Kahfi

Dalam surat Al-Kahfi ayat 47 dijelaskan betapa dahsyatnya peristiwa kiamat yang akan dialami umat manusia dan semua makhluk hidup lainnya.

Sunnah membaca surah Al-Kahfi juga memiliki keutamaan berupa ampunan dosa di antara dua Jumat bagi umat muslim yang membacanya.

2. Surat Al-Jumu'ah dan Surat Al-Munafiqun

Ada beberapa surat yang bisa dibaca pada hari Jumat, terutama ketika sholat Jumat.

"Disunahkan bagi orang yang hadir (menetap) membaca surat Al-Jumu'ah dan Al-Munafiqun, atau surat Al-A'la dan surat Al-Ghasyiyah ketika salat Jumat dan salat Isya hari Jumat.

BACA JUGA:Merapat, Ini Rekomendasi 5 Sekolah Kedinasan yang Menyediakan Fasilitas Asrama Gratis

3. Surat As-Sajdah dan Al-Insan

Dianjurkan juga untuk membaca surat As-Sajdah dan surat Al-Insan saat sholat Subuh dan membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas ketika salat Maghrib di hari Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: