Agar Ibadah Menjadi Sah, Ini 6 Rukun Wudhu yang Wajib Diperhatikan Umat Muslim

Agar Ibadah Menjadi Sah, Ini 6 Rukun Wudhu yang Wajib Diperhatikan Umat Muslim

Agar Ibadah Menjadi Sah, Ini 6 Rukun Wudhu yang Wajib Diperhatikan Umat Muslim--

RADARUTARA.ID- Rukun wudhu wajib untuk dipenuhi sebagai syarat sahnya ibadah sholat. Jika tidak melakukan wudhu secara benar, maka sholat yang dilakukan menjadi tidak sah.

Wudhu berguna untuk membersihkan diri dari hadas kecil sehingga seorang Muslim bisa lebih suci dan siap untuk melakukan ibadah.

Perintah berwudhu sebelum sholat juga sudah dijelaskan di dalam Al Quran Surat Al-Maidah ayat 6.

Berikut ini enam rukun wudhu dan ulasannya.

1. Niat

Niat merupakan rukun wudhu yang pertama. Niat wudhu dilakukan secara berbarengan pada saat pertama kali membasuh bagian muka, baik yang pertama kali dibasuh itu di bagian atas, tengah ataupun bawah.

BACA JUGA:6 Minuman Enak untuk Menghilangkan Perut Buncit, Timbangan Auto ke Kiri!

2. Membasuh muka

Membasuh muka yang dimaksud dalam rukun wudhu yaitu dimulai dari ujung dahi sampai ujung dagu, serta dari telinga kanan sampai telinga kiri. Pastikan tidak ada sedikitpun bagian wajah yang terlewatkan ketika membasuhnya.

3. Membasuh kedua tangan dan kedua sikunya

Membasuh kedua tangan, hingga siku tangan kanan dan kiri juga wakib ikut dibasuh sampai melewati siku. Caranya dengan mengalirkan air dari ujung jari tangan sampai melebihi siku.

4. Mengusap kepala

Mengusap kepala ini hanya dengan sekadar mengusap sebagian rambut saja, namun dengan catatan rambut yang diusap tidak melebihi batas anggota badan yang disebut kepala. Caranya hanya dengan mengusap atau mengambil air wudhu dari bagian depan kepala sampai ke ubun-ubun atau kulit kepala yang tumbuh rambut.

BACA JUGA:Dzikir yang Dibaca Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: