Pejamkan Mata saat Shalat, Sah atau Batal? Ternyata Begini Hukumnya Menurut Islam Kata Buya Yahya

Pejamkan Mata saat Shalat, Sah atau Batal? Ternyata Begini Hukumnya Menurut Islam Kata Buya Yahya

Pejamkan Mata saat Shalat, Sah atau Batal? Ternyata Begini Hukumnya Menurut Islam Kata Buya Yahya--

RADARUTARA.ID- Memejamkan mata saat menunaikan ibadah shalat sering kita jumpai. Bahkan kebiasaan, ini sering kita temukan dan dilakukan oleh sebagian umat muslim

Sementara banyak ragam alasan mengapa kebiasaan menutup mata saat shalat itu dilakukan oleh umat muslim. Salah satu alasan diantaranya menganggap, bahwa mata bisa membuat mereka lebih khusyuk ketika sedang shalat. 

Ibadah shalat dikerjakan oleh umat muslim bukan sekedar untuk menggugurkan kewajiban saja, atau sekedar ingin mencari pahala. 

Konkretnya saat mengerjakan sholat fardhu maupun Sunnah, umat muslim juga dituntut untuk menunaikannya secara khusyuk. 

BACA JUGA:Berikut Jadwal Libur Awal Puasa 2024 untuk Siswa SD-SMA di Berbagai Provinsi, Catat!

Karena apa bila bisa mengerjakan shalat dengan khusyuk akan menjadi tanda keimanan seseorang, sebagaimana firman Allah dalam surah Al Qur'an Surah Ali Imran, berikut ini:

قَدْ أَفْلَحَ ٱلْمُؤْمِنُونَ . ٱلَّذِينَ هُمْ فِى صَلَاتِهِمْ خَٰشِعُونَ

Artinya: " Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya." (QS Al-Mukmin : 1-2)

Namun dalam prakteknya, mengerjakan shalat secara khusyuk tidak mudah. Apa lagi jika pelaksanaannya sedang diders berbagai masalah atau memiliki banyak pikiran. 

Sehingga memejamkan mata menjadi solusi bagi mereka yang punya kebiasaan ini karena dinilai mampu menghadirkan kekhusyukan pada shalat. 

BACA JUGA:Amalan Ustadz Adi Hidayat, Begini Amalan Dzikir yang dapat Membuat Hati Tenang, Muslim Wajib Amalkan

Namun pertanyaannya apakah boleh hal itu dilakukan dan bagai mana hukumnya menurut Islam? 

Sebelumnya persoalan, ini sudah pernah di bahasa oleh Buya Yahya, dalam sebuah kajiannya yang ditayangkan pada kanal YouTube Al Bahjah TV September 2020, lalu. Dan bagai mana penjelasannya, mari simak artikel dibawah ini. 

Makna khusyuk saat shalat

Seperti dijelaskan oleh Buya Yahya, sebelum membahas mengenai hukum pejam mata saat sholat, yang harus dipahami terlebih dahulu ialah makna khusyuk yang sebenarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: