Dzikir yang Dibaca Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Dzikir yang Dibaca Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Dzikir yang Dibaca Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah--

RADARUTARA.ID- Saat memasuki bulan Dzulhijjah, yang mana ada banyak sekali waktu istimewa didalamnya, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk umat Islam. Salah satu amalan yang dianjurkan yaitu membacakan dzikir. Berikut ini beberapa contoh dzikir 10 hari pertama  Dzulhijjah yang dapat diamalkan. 

Dzulhijjah merupakan bulan yang di dalamnya mengandung berbagai keutamaan. Di bulan Dzulhijjah ada amalan yang disunahkan untuk dilakukan. Di antara amalan yang dianjurkan tersebut yaitu ibadah haji bagi orang yang mampu mengerjakannya, sholat Idul Adha serta ibadah kurban bagi yang mampu mengamalkannya. 

Bahkan, di sepuluh awal bulan Dzulhijah juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunnah, selain puasa ada juga dzikir. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar. Imam An-Nawawi menyampaikan: 

Yang Artinya: Ketahuilah bahwa disunahkan memperbanyak dzikir pada sepuluh awal Dzulhijjah dibanding hari lainnya. Dan di antara sepuluh awal itu memperbanyak dzikir pada hari Arafah sangat disunahkan.

BACA JUGA:Apa Boleh Menggabung Puasa Dzulhijjah dengan Puasa Qadha? Begini Jawaban Buya Yahya

Berikut ini merupakan contoh dzikir singkat di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah: 

Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laaailaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih. 

Artinya "Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung , tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah , dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya." 

Laaailaaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syain qodiir. 

Artinya: "Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya milikinya segala kerajaan dan hanya milikinya segala puji, baik yang hidup atau mati, Dialah Dzat yang kuasa atas segala sesuatu." 

BACA JUGA:Bunda Jangan Panik, Begini Cara Mudah Mengembalikan Nafsu Makan Si Kecil

Bacaan Tasbih Tahmid dan Takbir 

Bukan hanya bacaan dzikir, umat muslim juga bisa mengamalkan tasbih tahmid dan takbir. Berikut ini bacaannya: 

1.Tahlil: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: