Punya Banyak Manfaat, Begini Cara Mengonsumsi Bunga Telang yang Baik dan Benar

Punya Banyak Manfaat, Begini Cara Mengonsumsi Bunga Telang yang Baik dan Benar

Punya Banyak Manfaat, Begini Cara Mengonsumsi Bunga Telang yang Baik dan Benar--

RADARUTARA.ID- Bunga telang merupakan salah satu tanaman yang kerap diolah menjadi teh herbal. Bunga telang terkenal dengan warna khas biru keunguan yang berbentuk seperti corong.

Tetapi, varian warna dari bunga telang sebenarnya ada banyak, mulai dari putih, biru muda, dan biru tua. Perbedaan warna tersebut tak akan mempengaruhi manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh.

Bunga telang kaya akan antioksidan yang membuat bunga ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, bunga telang juga mempunyai sifat antiradang dan antibakteri yang makin memperkuat perannya dalam menjaga kesehatan.

Bunga telang biasanya dikonsumsi dengan cara diolah menjadi teh herbal. Tetapi, kamu tidak bisa langsung menyeduh bunga telang yang masih segar.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 4 Jenis Kecelakaan Lalu Lintas Ini Tidak Ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Untuk diolah menjadi bahan teh, bunga telang hatus dikeringkan terlebih dahulu.

Cara membuat teh bunga telang yaitu sebagai berikut ini:

* Masukkan 3–5 helai bunga telang yang telah dikeringkan ke dalam gelas.

* Seduh dengan dengan air panas, kemudian aduk sampai air berubah warna menjadi biru. 

* Tunggu beberapa saat sampai suhunya hangat sebelum diminum.

Warna teh bunga telang yang khas membuat teh ini kerap disebut juga sebagai ”teh biru”. Teh bunga telang sebenarnya bisa langsung dikonsumsi tanpa tambahan bahan apa pun. Tetapi, kamu juga bisa menambahkan madu atau perasan jeruk lemon ke dalam teh ini supaya rasanya makin nikmat.

BACA JUGA:Ikut Bangga, Ini 5 Negara yang Pelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

Bukan hanya bisa dibuat menjadi teh herbal sajq, bunga telang juga bisa diolah dan dijadikan sebagai bahan tambahan dalam produk perawatan kulit dan rambut, mulai dari sampo, hair mist, toner, hingga masker wajah.

Bunga telang memang kaya akan antioksidan dan banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan, bahkan kecantikan. Tetapi, jika kamu ingin memakainya sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit tertentu, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: