Dijuluki Kampung Sapi, Ternak di Desa Ini Terkenal Gemuk-gemuk dan Sehat, Ternyata Ini Rahasianya

Dijuluki Kampung Sapi, Ternak di Desa Ini Terkenal Gemuk-gemuk dan Sehat, Ternyata Ini Rahasianya

Dijuluki Kampung Sapi, Ternak di Desa Ini Terkenal Gemuk-gemuk dan Sehat, Ternyata Ini Rahasianya--

RADARUTARA.ID- Masyarakat di dusun Batu Gara, Desa Gikondanf, Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang, sebagian besar adalah peternak sapi. Hari Raya Idul Adha, ini pun akan menjadi momentum khusus yang ditunggu-tunggu oleh warga disana. Mengingat stok hewan kurban sapi di desa tersebut sangat berlimpah dan memiliki ukuran gemuk-gemuk dan sehat.

Ternyata dibalik, itu semua warga sekitar memiliki cara atau rahasia tersendiri untuk membuat daging sapi peliharaannya menjadi melimpah padat dan gemuk. 

Kata salah seorang peternak sapi di Dusun Batu Gara, Lukman, warga lebih memilih memberi pakan sapi ternaknya dari rumput alami. Bukan dari rumput liar, mereka sengaja menanam rumput untuk diberikan kepada hewan ternaknya.

"Khusus daerah di sini pakannya memang alami tidak ada campuran dari bahan-bahan yang lain lah. Rata-rata pakai rumput tanam yang ada di sini bukan dari rumput liar biasa," ungkap Lukman, dilansir dari detikJabar, Sabtu (8/6).

BACA JUGA:Ternyata Begini Cara Pindahkan Tiang Listrik PLN di Depan Rumah, Berikut Rincian Biayanya

Ditambahkan Lukman, dengan memberikan rumput alami itu dapat membuat sapi lebih sehat. Bahkan, dari rumput alami itu berat daging sapi itu pun juga dapat lebih berat. Hal tersebut juga membuat kualitas sapi di Dusun Batu Gara dinilai menjadi yang terbaik di Kabupaten Sumedang.

"Kalau kelebihannya sendiri mungkin itu kesehatannya dari sapinya lebih terjamin soalnya kan rumput alami ditambah dagingnya lebih berat. Terus bisa dibilang di sini tuh kualitas daging paling bagus di Sumedang," katanya.

Bukan hanya dirasakan oleh Lukman saja, hal senada juga diungkapkan oleh peternak sapi asal Dusun Batu lainnya, Idun. Menurutnya, memberikan pakan sapi dengan menggunakan rumput alami hasilnya sangat berbeda dengan tempat penjagalan sapi pada umumnya.

"Sebetulnya bukannya nggak mau pakai pakan yang organik karena dari dagingnya nanti beda sama kayak yang di tempat lain atau jagal lah. Dagingnya kebetulan bagus di sini mah kalau pakai pakan rumput alami," ungkapnya.

Di sisi lain kata Idun, tak perlu khawatir, masing-masing dari peternak sapi di Dusun Batu Gara memiliki tanaman rumput alami sendiri sehingga pakan sapi selalu melimpah di dusun ini.

"Kalau pakai yang organik mah daging sapinya juga menurun kalau udah disembelih mah gitu. Pakannya banyak melimpah di sini, nggak khawatir soal pakan jadinya," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: