Sambut Idul Adha 1445 H, Perhatikan Syarat Sah Hewan Kurban yang Harus Dipenuhi

Sambut Idul Adha 1445 H, Perhatikan Syarat Sah Hewan Kurban yang Harus Dipenuhi

Sambut Idul Adha 1445 H, Perhatikan Syarat Sah Hewan Kurban yang Harus Dipenuhi--

RADARUTARA.ID- Kurban bisa diartikan sebagai persembahan kepada Allah SWT dengan cara menyembelih hewan ternak seperti kambing, domba, sapi dan unta. Hukum Kurban merupakan sunnah yang paling dianjurkan untuk umat Islam. Ibadah Kurban dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha.

Kurban merupakan ibadah yang paling dianjurkan dan mempunyai dampak sosial, lantaran daging hewan kurban bisa diberikan kepada orang yang kurang mampu. Paling tidak dalam kurun waktu setahun sekali orang yang kurang mampu bisa merasakan daging hewan kurban.

Ini adalah bentuk kebaikan dari orang yang berkurban (mudhohi) untuk menolong sesama, khususnya kaum Muslim yang membutuhkan protein dari daging hewan kurban.

Tetapi, sebelum membeli hewan kurban untuk disembelih, penting bagi umat Islam untuk mengetahui apa saja syarat-syarat hewan yang layak hingga diperbolehkan untuk dijadikan sebagai hewan kurban, berikut ini ulasan tentang syarat-syarat hewan yang sah untuk dikurban:

BACA JUGA:Lakukan Ini sebelum Dimasukkan Freezer, 5 Tips Menyimpan Daging Sapi agar Tahan Lama

1. Hewan ternak

Jenis hewan kurban meruoakan salah satu yang wajib diperhatikan, yakni wajib hukumnya untuk menyembelih hewan ternak sebagai hewan kurban.

2. Usia hewan yang cukup

Memperhatikan usia hewan kurban juga menjadi hal yang wajib. Syarat usia untuk sapi minimal 2 tahun dan sudab masuk tahun ke-3, untuk unta minimal berusia 5 tahun dan sudah masuk tahun ke-6, untuk domba berusia 1 tahun atau minimal berusia 6 bulan bagi yang sulit membeli domba berusia 1 tahun, dan untuk kambing minimal berusia 1 tahun dan sudah masuk tahun ke-2.

BACA JUGA:Manfaat Kelapa Jelly, Cara Baru Nikmati Kesegaran Kelapa Muda di Bengkulu

3. Bebas dari cacat

Sebelum membeli hewan kurban, harus diperhatikan kondisi fisik hewan tersebut. Hindari kondisi fisik yang cacat seperti buta, sedang sakit, kaki pincang ataupun hewan yang tergolong kurus serta tidak mempunyai tulang sumsum.

4. Bukan hewan yang memakan najis

Hindari memilih atau menyembelih hewan yang sudah lama terkurung yang pada akhirnya hewan tersebut memakan kotoran, sebab hal itu bisa membuat hewan tersebut sakit dan malah menyebarkan penyakit.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: