Makanan Terfavorit di Arga Makmur, Ini 5 Manfaat Pempek untuk Kesehatan

Makanan Terfavorit di Arga Makmur, Ini 5 Manfaat Pempek untuk Kesehatan

Makanan Terfavorit di Arga Makmur, Ini 5 Manfaat Pempek untuk Kesehatan--

RADARUTARA.ID - Sebenarnya pempek berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Akan tetapi, sajian ini juga bisa dengan mudah kamu temukan di Arga Makmur Bengkulu Utara. Bahan utama pempek bisa menggunakan jenis ikan apa saja. Sementara bahan pendampingnya, berasal dari tepung tapioka / singkong.

Ikan sendiri mengandung beraneka ragam vitamin (vitamin A, D, B1, B2, B3), mineral (kalsium, fosfor), serta asam lemak tak jenuh (omega, yodi4LZum, selenium, fluorida, zat besi, magnesium, zink, taurin, coenzyme). Sedangkan tepung tapioka mengandung karbohidrat dan fosfor.

Berikut ini ada beberapa manfaat mengkonsumsi pempek bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Berikut Prediksi Starting Timnas Indonesia Melawan Irak Malam Ini

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Ikan mempunyai kandungan fosfor, niasin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), dan tiamin (vitamin B1) yang tinggi. Senyawa-senyawa tersebut bisa mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular, yakni penyakit yang berkenaan dengan jantung serta penyumbatan pembuluh darah.

Niasin juga bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah. Ditambah dengan riboflavin yang dapat meminimalisir resiko anemia sekaligus mencegah penyumbatan pembuluh darah.

2. Meningkatkan fungsi saraf dan otak

Kandungan vitamin B3 dan fosfor dalam daging ikan akan menjaga kesehatan saraf dan fungsi otak kita. Sedangkan kandungan tiamin bisa menunjang fungsi berpikir.

3. Menjaga kesehatan kulit

Niasin dan protein berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit serta mengurangi resiko timbulnya jerawat. Sementara riboflavin mempunyai manfaat dalam mencegah penuaan dini.

BACA JUGA:Engga Pakai Tepung, Begini Cara Bikin Bakwan Sehat untuk Diet ala dr Zaidul Akbar

4. Mencegah depresi

Kandungan tiamin di dalam ikan bermanfaat untuk meminimalisir stress hingga memperbaiki mood. Serangkan kandungan riboflavin akan menyembuhkan sakit kepala atau migrain. Secara tidak langsung, jika mengkonsumsinya secara rutin akan menghindarkan kita dari depresi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: