Apakah Jemaah Haji Boleh Pakai Minyak Angin Saat Ihram? Ini Penjelasannya

Apakah Jemaah Haji Boleh Pakai Minyak Angin Saat Ihram? Ini Penjelasannya

Apakah Jemaah Haji Boleh Pakai Minyak Angin Saat Ihram? Ini Penjelasannya.--

"Jadi saya kira, karena semua jamaah haji sudah berkali kali melakukan manasik melakukan bimbingan, pasti sudah tahu hal hal yang tidak dibolehkan ketika dalam keadaan ihram," kata dia. 

Menjelang puncak haji, tim Bimbad Daker Makkah juga terus melaksanakan Vitisasi Edukasi (Visduk) ke sektor-sektor untuk membimbing calhaj Indonesia. Tim konsultan ibadah ini ingin memastikan pelaksanaan haji masyarakat Indonesia sah sesuai dengan ketentuan syariah. 

"Kita yang ada di daker itu terus bergerak ke jamaah haji bertemu secara langsung untuk melakukan edukasi agar pelaksanaan hajinya dinyatakan sah berdasarkan ketentuan syariah," jelas Kiai Moqsith. 

Walaupun tidak seluruh jamaah bisa mencapai ibadah yang ideal. Misalnya, ada beberapa jamaah haji lansia yang tidak bisa melaksanakan Arbain secara penuh ketika di Madinah atau ada juga sebagian jamaah haji yang tidak bisa mabit di Muzdalifah karena kondisinya tidak memungkinkan, dan akhirnya mereka harus murur atau numpang lewat untuk bergerak secara cepat menuju Mina. 

"Jadi tugas dari konsultan ibadah itu membantu agar jamaah haji bisa melaksanakan ibadah haji sesuai dengan ketentuan syariah," tutup Kiai Moqsith.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: