6 Khasiat Rosemary Bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Memelihara Kesehatan Otak

6 Khasiat Rosemary Bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Memelihara Kesehatan Otak

6 Khasiat Rosemary bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Memelihara Kesehatan Otak --

RADARUTARA.ID- Rosemary (Rosmarinus officinalis) adalah tanaman herbal yang asalnya dari daratan Mediterania. Tetapi, tanaman herbal ini sekarang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Di kehidupan sehari-hari, rosemary sering dipakai sebagai bumbu penyedap masakan. Tetapi, di luar manfaat kulinernya, rosemary juga bisa dimanfaatkan sebagai aromaterapi, teh herbal, hingga suplemen.

Berikut ini beberapa manfaat rosemary bagi kesehatan tubuh:

BACA JUGA:Agar Mendapat Manfaat yang Maksimal, Ini Waktu Terbaik untuk Meminum Air Zamzam

1. Memelihara kesehatan otak

Kandungan zat antiradang dan antioksidan didalam rosemary bisa mengurangi risiko terjadinya penurunan daya ingat hingga pada gangguan konsentrasi.

Bahkan, banyak studi kesehatan juga menyebutkan bahwa ekstrak rosemary bisa melancarkan aliran darah di otak dan memelihara kesehatan sel-sel otak supaya terhindar dari demensia hingga penyakit Alzheimer.

2. Mendorong pertumbuhan rambut

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan minyak rosemary dengan cara dioleskan di kulit kepala dalam dua kali sehari selama enam bulan bisa menebalkan dan merangsang pertumbuhan rambut. Efektivitas minyak rosemary ini bahkan hampir sama dengan obat penumbuh rambut minoxidil.

3. Menurunkan kadar gula dalam darah

Rosemary punya kandungan asam karnosik dan asam rosmarinik yang mempunyai efek mirip hormon insulin. Itu sebabnya, tanaman herbal ini dianggap baik untuk dikonsumsi bagi kamu yang ingin menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

BACA JUGA:5 Masjid Tertua dan Menyimpan Sejarah di Indonesia, Ada yang Berusia 500 Tahun

4. Menjaga kesehatan mata

Sebuah studi menyebutkan bahwa ekstrak rosemary bisa memelihara kesehatan mata dan mengurangi risiko terjadinya penyakit mata disebabkan penuaan, contohnya degenerasi makula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: