5 Masjid Tertua dan Menyimpan Sejarah di Indonesia, Ada yang Berusia 500 Tahun

5 Masjid Tertua dan Menyimpan Sejarah di Indonesia, Ada yang Berusia 500 Tahun

5 Masjid Tertua dan Menyimpan Sejarah di Indonesia, Ada yang Berusia 500 Tahun--

RADARUTARA.ID- Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim. Di Indonesia, ada beberapa Masjid tertua yang sudah didirikan selama ratusan tahun yang lalu.

Adapun salah satu masjid tertua di Indonesia yaitu Masjid Saka Tunggal yang lokasinya asa di kawasan Banyumas. Masjid Saka Tunggal sudah beberapa kali mengalami renovasi, namun arsitektur aslinya masih dipertahankan.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang masjid tertua di Indonesia, cari tahu ulasannya dalam artikel berikut ini.

BACA JUGA:Hanya Beberapa Detik, Begini Cara Membeli Token Listrik Lewat Aplikasi DANA

1. Masjid Wapauwe

Salah satu masjid tertua di Indonesia yaitu Masjid Wapauwe. Bangunan ini berdiri pada tahun 1414 dan berada di kawasan Maluku Tengah. Selain itu, masjid ini juga menjadi saksi penyebaran agama Islam di daerah Maluku.

Awalnya, masjid tersebut ada di Lereng Gunung Wawane, lalu dipindahkan ke Kampung Tahala pada tahun 1614. Hal yang menarik, bangunan masjid ini dibuat dari kayu dan tidak memakai paku.

2. Masjid Saka Tunggal

Masjid tertua di Indonesia selanjutnya yaitu Masjid Saka Tunggal atau Masjid Baitussalam yang ada di kawasan Desa Cikakak, Wangon, Banyumas. Bangunan masjid ini diperkirakan sudah didirikan sekitar tahun 1288.

3. Masjid Kuno Bayan Beleq

Masjid tertua di Indonesia berikutnya yaitu Masjid Kuno Bayan Beleq yang bisa ditemukan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bangunan ini memiliki atap rumbia sehingga tampak unik. Masjid ini diperkirakan sudah dibangun sekitar 500 tahun yang lalu.

BACA JUGA:Jelang Pilkada 2024, Bawaslu Bengkulu Utara Lantik 57 Orang Panwascam

4. Masjid Sunan Ampel

Masjid tertua di Indonesia keempat yaitu Masjid Sunan Ampel yang lokasinya di Surabaya. Bangunan ini didirikan pada tahun 1421. Adapun pendiri masjid tersebut yaitu Sunan Ampel selaku salah satu Walisongo. Di belakang masjid tersebut juga ada kompleks makam Sunan Ampel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: