Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa

Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa

Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa--

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat."

3. Ketika Lailatul Qadar

Lailatul qadar atau malam kemuliaan merupakan salah satu malam yang paling istimewa bagi umat Islam. Malam ini diperingati sebagai malam diturunkannya Al-Quran.

Pada malam ini dianjurkan memperbanyak ibadah, termasuk memperbanyak doa. Sebagaimana yang diceritakan oleh Ummul Mu'minin Aisyah Radhiallahu'anha:

قلت يا رسول الله أرأيت إن علمت أي ليلة ليلة القدر ما أقول فيها قال قولي اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

"Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar?

Beliau bersabda: Berdoalah:

اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni

Artinya, "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku." (HR. Tirmidzi, 3513, Ibnu Majah, 3119, At Tirmidzi berkata: "Hasan Shahih")

Pada hadis ini, Aisyah meminta diajarkan ucapan yang sebaiknya diamalkan ketika malam lailatul qadar. Rasulullah SAW pun mengajarkan lafalan doa.

Ini menunjukkan bahwa pada malam lailatul qadar, dianjurkan memperbanyak doa, terutama doa yang diajarkan tersebut.

4. Ketika Adzan Berkumandang

Saat adzan pun termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda:

"Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang" (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: "Hasan Shahih")

5. Di Antara Adzan dan Iqamah

Waktu antara adzan dan iqamah juga merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW berikut.

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: