Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa

Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa

Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa--

Setelah ashar, tetapi di akhir-akhir hari Jumat.

Menggabungkan semua pendapat yang ada, berarti memperbanyak doa pada hari Jumat, bukan hanya pada waktu-waktu yang telah disebutkan.

9. Ketika Turun Hujan

Sebagian orang mungkin merasa jengkel ketika hujan turun. Padahal, hujan adalah nikmat dari Allah Swt. yang tidak boleh dicela.

Daripada tenggelam dalam rasa jengkel, lebih baik kita memanfaatkan waktu hujan untuk berdoa. Sebab sesuai dengan yang tertulis:

ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

"Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun" (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami', 3078)

10. Hari Rabu Antara Dzuhur dan Ashar

Terkabulnya doa yang dipanjatkan pada hari Rabu antara waktu dzuhur dan ashar sesuai dengan yang diceritakan oleh Jabir bin Abdillah Radhiallahu'anhu:

أن النبي صلى الله عليه وسلم دعا في مسجد الفتح ثلاثا يوم الاثنين، ويوم الثلاثاء، ويوم الأربعاء، فاستُجيب له يوم الأربعاء بين الصلاتين فعُرِفَ البِشْرُ في وجهه

قال جابر: فلم ينزل بي أمر مهمٌّ غليظ إِلاّ توخَّيْتُ تلك الساعة فأدعو فيها فأعرف الإجابة

"Nabi shalallahu 'alaihi wasalam berdoa di Masjid Al Fath 3 kali, yaitu hari Senin, Selasa, dan Rabu. Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu di antara dua salat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau. Berkata Jabir: 'Tidaklah suatu perkara penting yang berat pada saya kecuali saya memilih waktu ini untuk berdoa, dan saya mendapati dikabulkannya doa saya'."

11. Ketika Hari Arafah

Hari arafah adalah hari ketika para jemaah haji melakukan wukuf di Arafah, yaitu 9 Dzulhijjah. Pada hari tersebut, dianjurkan memperbanyak doa, baik bagi jemaah haji maupun bagi seluruh kaum Islam yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

خير الدعاء دعاء يوم عرفة

"Doa yang terbaik adalah doa ketika hari arafah." (HR. At Tirmidzi, 3585. Di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi)

12. Ketika Perang Berkecamuk

Ketika perang sedang berkecamuk, doa orang yang berperang di jalan Allah akan dikabulkan. Ini berdasarkan hadis yang juga sudah disinggung di atas, yaitu:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: