Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa

Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa

Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa--

RADARUTARA.ID- Berdoa bisa kapan saja dan dimana saja. Tapi, untuk mengupayakan agar dia kita cepat terkabul ada berbagai usaha yang harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan Berdoa di waktu-waktu mustajab

Saat berdoa pada waktu mustajab atau tertentu, diyakini besar kemungkinan peluang doa yang kita panjatkan terkabul sangat besar. 

Lalu, apa saja waktu mustajab yang ampuh dan bisa membuat doa kita besar kemungkinan cepat terkabul? Mari simak penjelasan berikut.

Ada 14 Waktu Mustajab untuk Berdoa

Mengutip artikel Waktu-waktu Mustajab untuk Berdoa yang ditulis oleh guru MTs Negeri Muara Enim Misliyani S.Ag., M.Pd.I, berikut waktu-waktu mustajab untuk berdoa.

1. Ketika Sahur atau Sepertiga Malam Terakhir

Waktu mustajab pertama untuk berdoa adalah saat sahut atau sepertiga malam terakhir.

Ini sesuai dengan yang tertulis pada Adz-Dzariyat Ayat 18:

وَبِالْاَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ

"Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan."

Sepertiga malam yang paling akhir adalah waktu yang penuh berkah. Pada saat itu, Allah Swt. turun ke dunia dan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, "Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, 'Orang yang berdoa kepada-Ku akan Kukabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni'." (HR Bukhari. No.1145, Muslim no. 758)

2. Ketika Berbuka Puasa

Waktu berbuka puasa juga penuh keberkahan. Di waktu ini, umat Islam merasakan salah satu kebahagiaan ibadah puasa, yaitu boleh makan dan minum setelah seharian menahan lapar dan haus.

Keberkahan lain yang dirasakan waktu berbuka puasa adalah dikabulkannya doa yang diminta orang yang telah berpuasa. Sebab tertulis pada hadis Hasan yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: