Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa

Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa

Peluang Terkabul Sangat Besar, Berikut 13 Waktu Mustajab untuk Berdoa--

"Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak." (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: "Hasan Shahih")

6. Ketika Sedang Sujud dalam Salat

Waktu mustajab untuk berdoa selanjutnya adalah ketika sedang sujud saat salat. Rasulullah SAW bersabda:

أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد . فأكثروا الدعا

"Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu." (HR. Muslim, No. 482)

7. Sebelum Salam pada Salat Wajib

Umat Muslim lebih rutin berdoa meminta sesuatu setelah salam pada salat wajib. Tetapi, yang disyariatkan sebagai waktu mustajab sebenarnya adalah sebelum salam pada salat wajib.

Rasulullah SAW bersabda:

قيل يا رسول الله صلى الله عليه وسلم أي الدعاء أسمع قال جوف الليل الآخر ودبر الصلوات المكتوبات

"Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: "Di akhir malam dan di akhir salat wajib." (HR. Tirmidzi, 3499)

Apa yang dimaksud akhir salat wajib? Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Zaadul Ma'ad (1/305) menjelaskan bahwa yang dimaksud akhir salat wajib adalah sebelum salam.

8. Pada Hari Jumat

Rasulullah SAW bersabda:

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة ، فقال : فيه ساعة ، لا يوافقها عبد مسلم ، وهو قائم يصلي ، يسأل الله تعالى شيئا ، إلا أعطاه إياه . وأشار بيده يقللها

"Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda: 'Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta'. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut." (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu'anhu)

Kapan tepatnya waktu mustajab untuk berdoa pada hari Jumat? Ibnu Hajar Al-Asqalani, dalam Fath al-Bâri, menyebutkan 42 pendapat ulama mengenai waktu yang dimaksud. Tetapi ada 4 pendapat kuat, yaitu:

Waktu sejak imam naik mimbar sampai selesainya salat Jumat.

Setelah ashar sampai terbenamnya matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: