Nyata! Ada Kampung Pasar Setan di Banjarnegara, Sering Terdengar Suara Keramaian saat Malam Jumat Kliwon

Nyata! Ada Kampung Pasar Setan di Banjarnegara, Sering Terdengar Suara Keramaian saat Malam Jumat Kliwon

Nyata! Ada Kampung Pasar Setan di Banjarnegara, Sering Terdengar Suara Keramaian saat Malam Jumat Kliwon--

RADARUTARA.ID- Kampung Pasar Setan, memang benar adanya. Lokasinya di Desa Kebutuh Jurang, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara. Bagaimana ceritanya dibalik penamaan kampung ini?

Dilansir dari akun Channel Tedhong Telu, bisa kita ketahui kalau permukiman di sini adalah kampung paling sepi di Banjarnegara. Lokasi rumah-rumah warga di kampung tersebut sangat tersebar. Ada yang di puncak bukit, di lereng, dan ada pula yang di bagian bawah bukit.

Sebanyak 11 rumah yang tersebar di tengah-tengah hutan sehingga memberikan suasana yang mencekam. Khususnya, saat kita menghadapi dengan jalan setapak yang curam dan melewati arus sungai. Bayangkan, bagaimana kalau kita melewatinya ketika malam?

BACA JUGA:Dengan Penuh Tekad Kuat, JCH Lansia Indonesia Akhirnya Tiba di Tanah Suci

Walaupun terpencil, listrik sudah masuk ke kampung ini. Beberapa rumah bahkan punya antena parabola. Bangunan rumah juga banyak yang sudah permanen.

Pemilik akun Youtube ini, mewawancarai warga di Pasar Setan ini, mereka terasa nyaman tinggal di situ meski tidak ada satu pun warung. Beberapa warga bahkan memakai sepeda motor sebagai alat transportasi mereka. Sehingga, mereka lebih leluasa untuk menjangkau daerah lain.

Dari wawancara tersebut, penamaan kampung ini didasarkan pada setiap malam Jumat kliwon kerap terdengar suara keramaian pasar dari salah satu puncak bukit di kampung ini.

BACA JUGA:Tabot dan Tari Beruji Doll, Perpaduan Kebudayaan Bengkulu yang Mampu Menghipnotis Mata

Keramaian tersebut kerap terdengar saat malam Jumat kliwon tiba. Namun hanya terdengar suaranya saja, dan tidak ada pasarnya.

Dalam channel Tedhongtelu video yang berjudul Inilah Kampung Pasar Setan! Kampung Tersepi di Banjarnegara Selatan, hingga 15 Mei 2024 sudah ditonton 5,6 juta kali lebih.

Sekarang ini kampung sudah tidak terisolir. Sebelum pembangunan jembatan untuk menuju ke lokasi kampung itu, biasanya warga akan turun untuk menyeberangi sungai ketika kondisi air surut dan sudah aman.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: