Masyarakat Diwanti-wanti Tak Sembarangan Datangkan Hewan Kurban dari Luar Daerah

Masyarakat Diwanti-wanti Tak Sembarangan Datangkan Hewan Kurban dari Luar Daerah

Masyarakat Diwanti-wanti Tak Sembarangan Datangkan Hewan Kurban dari Luar Daerah--

RADARUTARA.ID- Kepala Puskeswan Putri Hijau, Eri Zull, S.Pt, mengingatkan atau mewanti-wanti masyarakat agar tak sembarangan dalam membeli atau mendatangkan hewan kurban berasal dari luar daerah. Eri, meminta masyarakat atau pedagang hewan kurban supaya lebih selektif dalam memilih calon hewan kurban.

"Kalau calon hewan kurban berasal dari wilayah kasus (PMK atau Jembrana) tolong dipastikan dulu lewat pemeriksaan kesehatan hewan dari dokter hewan daerah asal," imbau Eri, kepada radarutara.id Senin (13/5).

Ditambahkan Eri, calon hewan kurban yang sudah melewati pemeriksaan kesehatan akan didukung dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKLH) dari dokter hewan berwenang.

"Selain, itu nanti calon hewan kurban yang berasal dari luar daerah setelah sampai ditempat juga akan diperiksa kembali oleh petugas peternakan terdekat (antermotem) guna memastikan calon hewan kurban aman dari penyakit," pungkasnya.

BACA JUGA:Dishub Bengkulu Pastikan Akan Menghapus Biaya Retribusi KIR

Lebih jauh, Eri, menambahkan, bahwa pihaknya nanti juga akan menurunkan sejumlah petugas untuk berkoordinasi kepada masing-masing panitia kurban dan melaksanakan pemeriksaan kepada seluruh hewan kurban yang ada di masing-masing lokasi kegiatan kurban.

"Nanti sebelum hari pelaksanaan kurban kita akan turunkan juga petugas untuk keliling melakukan pemeriksaan ke semua hewan kurban yang ada di masing-masing panitia kurban. Bahkan, pada hari pelaksanaan kurban kita juga akan pantau langsung proses pelaksanaannya untuk menjamin ke hiegenisan hewan kurban," demikian Eri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: