Hasil Prediksi BMKG, Kemarau Akan Melanda Wilayah Ini, Berikut Rinciannya

Hasil Prediksi BMKG, Kemarau Akan Melanda Wilayah Ini, Berikut Rinciannya

Hasil Prediksi BMKG, Kemarau Akan Melanda Wilayah Ini, Berikut Rinciannya--

RADARUTARA.ID- Sederet wilayah di Tanah Air akan mulai memasuki musim kemarau pada pekan ini. Tepatnya pada Dasarian II 11-20 Mei 2024 mulai dari Sumatra Utara, Jakarta sampai Papua Selatan.  

Berdasarkan prediksi BMKG musim kemarau 2024 kepada 699 wilayah zona musim atau ZOM di Indonesia menunjukkan sebagian besar wilayah diprediksi mengalami awal musim kemarau 2024 pada Mei sampai Agustus 2024. 

Dijelaskan, wilayah yang mengalami awal musim kemarau pada periode tersebut adalah sebanyak 445 ZOM (63,66 persen).

Apabila dibandingkan terhadap waktu normalnya, awal musim kemarau 2024 di sebagian besar wilayah Indonesia yang diprediksi mundur adalah sebanyak 284 ZOM (40,63 persen). 

BACA JUGA:Kompak Bersama Warga, Satgas TMMD ke-20 Buka Lahan Pertanian di Bengkulu Utara

Dikatakan BMKG, awal musim kemarau ditetapkan berdasarkan jumlah curah hujan dalam satu dasarian (10 hari) kurang dari 50 milimeter dan diikuti oleh dua dasarian berikutnya. 

Selain, itu sebuah wilayah ditetapkan memasuki awal musim kemarau apabila terdapat satu dasarian dengan curah hujan kurang dari 50 milimeter dan ketika dijumlahkan dengan dua dasarian berikutnya, total curah hujan dalam tiga dasarian tersebut kurang dari 150 milimeter.  

"Dalam kondisi ini, awal musim kemarau akan dimulai pada dasarian pertama ketika curah hujan dalam dasarian tersebut juga kurang dari 50 milimeter," rilis BMKG dalam laporan tersebut.

Selain, itu awam musim kemarau di Indonesia juga ditandai dengan aktifnya angin timuran atau Monsun Australia, yakni angin kering dari Benua Kanguru. Sebaliknya, awal musim hujan terkait dengan kedatangan angin baratan atau Monsun Adia yang membawa uap air.  

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya memprediksi puncak musim kemarau 2024 diprediksikan terjadi di bulan Juli dan Agustus 2024.

BACA JUGA:Pernah Menjadi Busana Daerah Terbaik Kedua Dalam HUT RI Ke 78, Ini Makna Pakaian Adat Tradisional Bengkulu

Berikut ini daftar lengkap wilayah yang akan memasuki musim kemarau pada Dasarian II Mei 2024:

Sumatra Utara : Padang Sidempuan, Padang Lawas, Tapanuli Selatan.

Jambi : Keliling Danau, Kumun Debai, Bukit Kerman, Sungai Bungkal, Sungai Penuh, Tanah Kampung, Pesisir Bukit, Koto Baru, Hamparan Rawang, Pondok Tinggi, Situnjau Laut, Batang Merangin, Depati Tujuh, Air Hangat Barat, Air Hangat Timur, Danau Kerinci, Siulak, Air Hangat, Gunung Kerinci, Siulak Mukai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: