Awas! 4 Provinsi di Indonesia Siaga Kekeringan, Termasuk Bengkulu?

Awas! 4 Provinsi di Indonesia Siaga Kekeringan, Termasuk Bengkulu?

Awas! 4 Provinsi di Indonesia Siaga Kekeringan, Termasuk Bengkulu?--

RADARUTARA.ID- Sejumlah peringatan dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait munculnya fenomena hari tanpa hujan (HTH) yang berpotensi terjadi kepada sejumlah provinsi di Indonesia. 

Berdasarkan Analisis Dinamika Atmosfer Dasarian I Juli 2024, BMKG mencatat HTH kategori panjang (lebih 21 hari) pada Dasarian I Juli 2024, berpeluang terjadi di sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Oleh sebab, itu BMKG pun mengeluarkan peringatan dini kekeringan untuk sejumlah provinsi di Indonesia yang berlaku pada periode Dasarian II Juli 2024. Terpantau, ada 4 provinsi yang mendapat peringatan level "Awas".

Berikut, ini provinsi di Indonesia yang terancam kekeringan meteorologis Juli 2024, menurut BMKG. Apakah termasuk Provinsi Bengkulu?

BACA JUGA:Dampak Kemarau Mulai Terasa, Petani Terancam Tak Bisa Produksi Padi di Musim Tanam ke Dua

Waspada

Beberapa kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT.

Siaga

Beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan NTT.

Awas

Beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Ada Wilayah yang Alami 87 Hari Tanpa Hujan

Sementara itu, berdasarkan monitoring Hari Tanpa Hujan yang dilakukan BMKG (pemutakhiran Dasarian I Juli 2024), sebagian besar wilayah Indonesia termonitor masih mengalami hujan dan Hari Tanpa Hujan (HTH) kategori Sangat Pendek (1-5 hari).

"HTH kategori Sangat Panjang (31-60 hari) terjadi di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur," tulis BMKG dalam rilisnya yang dikutip pada Selasa 16 Juli 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: