Program TMMD ke-120 Tahun 2024 Resmi Dibuka Bupati Bengkulu Utara

Program TMMD ke-120 Tahun 2024 Resmi Dibuka Bupati Bengkulu Utara

Program TMMD ke-120 Tahun 2024 Resmi Dibuka Bupati Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID-  Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian secara resmi membuka Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-20 Tahun 2024 di Desa Bukit Tinggi (D2), Kecamatan Ketahun, pada Rabu (8/5/2024). 

Kegiatan yang mengusung tema 'Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah' itu di buka dengan prosesi upacara pembukaan, bertempat di lapangan desa setempat dan melibatkan ratusan peserta upacara yang meliputi, masyarakat, pemerintah desa, Pemerintah Kecamatan, jajaran OPD, TNI AD, TNI AL, Polisi, Satpol PP sejumlah organisasi kemasyarakatan lainnya.

Bertindak sebagai Komandan Satgas TMMD Dandim 0423 Bengkulu Utara, Letkol Kav Aidil Hajri, M.Han, Inspektur Upacara Bupati Bengkulu Utara, Ir H. Mian dan Komandan Upacara, Danramil Ketahun, Kapten Inf Yudi Triawan serta Perwira Upacara Pasi Pers, Kapten Inf Aprial.

Pembukaan kegiatan TTMD ini di tandai dengan penyerahan alat kerja kepada Satgas TTMD meliputi TNI, Polri dan Masyarakat  dan pemukulan gong oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian dan didampingi oleh Kasi Ter Korem 041 Gamas Bengkulu, Dandim 0423 Bengkulu Utara, Polres Bengkulu Utara, Kejaksaan Bengkulu Utara, Sekda Kabupaten Bengkulu Utara dan Komandan Lanal Mukomuko.

Dalam amanatnya Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian  menyampaikan bahwa kegiatan TMMD ini merupakan kegiatan rutin dan berkesinambungan kita, melalui berkolaborasi dengan TNI masyarakat, OPD dan Forkopimda di setiap tahunnya.

"Bahkan ada satu tahun dua kali di ikuti dengan karyabakti TNI," ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu Mian juga menyampaikan bahwa manakala ada anggaran dan APBD kita cukup. Maka nanti dalam APBD Perubahan akan kembali dilanjutkan dengan karya bakti TNI melanjutkan dari sisa yang sudah di koral agar bisa konek ke Desa Marga Bakti.

"Dengan demikian maka ada konekfitas dari Desa Bukit Tinggi ke Desa Marga Bakti melewati Dusun Sinar Selatan," bebernya.

Terkahir Mian juga menyampaikan bahwa dalam hal ini Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI yang telah mendarma baktikan dengan kolaborasi bersama Pemerintah Daerah untuk membangun daerah Kabupaten Bengkulu Utara ini.

Sementara itu, Dandim 0423 Bengkulu Utara Letkol Kav Aidil Hajri, M.Han menyampaikan bahwa program TMMD kolaborasi bersama Pemerintah Daerah ini akan fokuskan untuk kegiatan pembangunan fisik dan non fisik yang meliputi pembukaan badan jalan dengan panjang 3 Km dan Lebar 6 meter, pengoralan/pengerasan jalan sepanjang 3 Km dan lebar 4 meter, pembangunan jalan rabat beton sepanjang 230 meter dan lebar 4 meter, pembangunan sumur bor 1 titik, rehabilitasi posyandu 1 unit, pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 2 unit serta ada juga pembangunan tugu prasasti.

"Selain pembangunan fisik tersebut. Kami juga akan melaksanakan pembuatan kolam ikan serta pembuatan lahan ketahanan pangan jagung dan padi di Desa Tanah Tinggi tersebut," jelasnya.

Sementara itu, adapun kegiatan non fisik yang juga bakal pihaknya laksanakan dalam kegiatan TMMD tersebut meliputi kegiatan bakti sosial seperti, donor darah, sunatan masal, pengobatan masal dan pembagian sembako serta ada juga penyuluhan soal bela negara, wawasan kebangsaan, Kamtibmas, nonton film perjuangan dan lain sebagainya.

"Total anggaran TMMD ini sebanyak Rp 1,3 Miliar. Semoga bisa kita laksanakan dengan baik dan tepat waktu," tandasnya. (Adv)


Pembukaan TMMD Ke-120--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: