6 Tanda-tanda Kiamat Sudah Dekat Menurut Hadist, Ayp Bertaubatlah Selama Masih Sempat

6 Tanda-tanda Kiamat Sudah Dekat Menurut Hadist, Ayp Bertaubatlah Selama Masih Sempat

6 Tanda-Tanda Kiamat Sudah Dekat Menurut Hadits--

RADARUTARA.ID- Hari kiamat merupakan sesuatu yang telah pasti akan terjadi, di hari itu semua kehidupan di muka bumi akan dihancurkan dan dimatikan. Allah SWT tidak pernah menyebut tentang kapan Hari kiamat itu akan terjadi, namun melalui Rasulullah SAW telah dijelaskan tentang apa saja tanda-tanda kiamat tersebut. Dalam Islam tanda-tanda kiamat terbagi menjadi dua yaitu kiamat kecil yang telah terjadi sejak zaman Rasulullah SAW dan kiamat besar yang akan terjadi pada kemudian hari. 

Dijelaskan di dalam sebuah buku yang berjudul kiamat sudah dekat yang ditulis oleh Dr. Muhammad Al-'Areifi yaitu:

1. Meninggalnya Sahabat Nabi

Sahabat nabi merupakan diantara orang-orang yang terbaik sesudah sepeninggalan Rasulullah SAW seperti yang diterangkan dalam sebuah riwayat oleh abu Musa Ra bahwa Rasulullah SAW bersabda berbunyi:

"Bintang-bintang adalah penjaga langit. Apabila bintang- bintang sudah tidak ada, maka langit akan ditimpa sesuatu yang sudah dijanjikan untuknya. Aku adalah penjaga sahabatku. Apabila aku sudah tiada, maka mereka akan ditimpa sesuatu yang sudah dijanjikan untuk mereka. Para sahabat adalah penjaga umat ini. Apabila mereka semua sudah tiada, maka umat ini akan ditimpa sesuatu yang sudah dijanjikan untuk mereka."

Dalam hadis tersebut mengandung setidaknya dua makna yaitu hilangnya bintang-bintang di langit serta turunnya Awan kelabu yang kemudian dimaknai sebagai kepergian para sahabat dan kematian Rasulullah SAW. Secara bertahap kemudian orang-orang Saleh akan meninggal dunia sehingga menyisakan orang-orang yang tidak beriman saja. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Termakan Emosi, Segera Bacakan Doa Ini Ketika Marah

2. Penaklukan Baitul Maqdis

Dalam sebuah hadis dari auf bin Malik Ra menjelaskan bahwasanya nabi SAW bersabda: "Hitunglah enam perkara yang akan terjadi menjelang dekatnya Hari Kiamat: Wafatku, penaklukan Baitul Maqdis, kematian yang akan menimpa kalian akibat penyakit yang seperti wabah qu'âsh, melimpahnya harta sehingga ketika seseorang diberi seratus dinar ia akan marah kecuali jika diberi uang beribu -ribu dinar, lalu bencana yang akan menyapu seluruh keluarga bangsa árabe, kemudian perjanjian damai antara kalian dengan Bani al-Ashfar, namun mereka berkhianat dan menyerang kalian di bawah delapan puluh panji perang yang masing-masing panji beranggotakan dua belas ribu orang prajurit."

3. Kematian Karena Penyakit Seperti Wabah Qu'ash

Salah satu tanda-tanda kiamat lainnya adalah kematian akibat penyakit wabah, seperti yang dijelaskan di dalam sebuah hadis di mana auf bin Malik menjelaskan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

"Hitunglah enam perkara yang akan terjadi menjelang dekatnya Hari Kiamat: Wafatku, penaklukan Baitul Maqdis, kematian yang akan menimpa kalian akibat penyakit yang seperti wabah qu'âsh".

4. Fitnah Merajalela

Dijelaskan dalam sebuah buku yang berjudul kiamat bisa datang nanti malam yang ditulis oleh Moh Hasan. Di dalam buku tersebut dijelaskan terkait dengan tanda-tanda kiamat di antaranya, fitnah di muka bumi akan merajalela seperti yang dijelaskan di dalam sebuah hadis Rasulullah SAW menghiaskan bahwasanya fitnah sebagai sebuah tanduk setan, terkait hal tersebut diterangkan juga di dalam sebuah hadis Ibnu Umar Ra: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: