Selain Matahari Terbit dari Barat, Ada Beberapa Ciri Lain Terkait Datangnya Kiamat Kubra

Selain Matahari Terbit dari Barat, Ada Beberapa Ciri Lain Terkait Datangnya Kiamat Kubra

Tanda-Tanda Hari Kiamat Kubra--

RADARUTARA.ID- Dalam Islam kiamat terbagi menjadi dua yaitu kiamat sugro dan kiamat kubro. kiamat kubro sendiri merupakan kiamat besar yang mana hancurnya seluruh alam semesta beserta isinya dimulai dengan tiupan pertama sangkakala yang dilakukan oleh malaikat Israfil. Terdapat beberapa pertanda tentang datangnya hari kiamat besar ini, seperti yang dijelaskan oleh ustadz Amir beliau menjelaskan bahwasanya ada beberapa tanda-tanda munculnya hari kiamat besar diantaranya:

1. Matahari Terbit dari Barat

Tanda pertama munculnya hari kiamat adalah ketika matahari yang biasanya terbit dari timur ke barat bertukar menjadi Barat ke Timur. Disaat kejadian tersebut manusia akan mulai mengaku beriman kepada Allah SWT dan nabi-nabinya, namun ungkapan tersebut tidak lagi berguna sebab Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

"Tidaklah kiamat terjadi sehingga matahari terbit dari tempat tenggelamnya (barat). Maka apabila matahari telah terbit dari barat, berimanlah semua manusia. (Namun) tidaklah berguna imannya saat itu, kecuali apabila telah beriman sebelum peristiwa itu dan telah berbuat baik atas dasar keimanannya itu." (HR Muslim)

BACA JUGA:Pentingnya Spooring Balancing Motor dan Waktu Pelaksanannya

2. Munculnya Binatang yang Dapat Berbicara

Binatang yang berbicara ini menjadi salah satu pertanda datangnya hari kiamat, seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW beliau bersabda:

"Sesungguhnya tanda-tanda pertama datangnya hari kiamat ialah terbitnya matahari dari arah barat dan datangnya binatang di tengah-tengah khalayak pada waktu dhuha. Jika salah satu muncul lebih dulu maka yang satunya akan segera menyusul. (HR Muslim dan Abu Dawud)"

3. Keluarnya Imam Mahdi

Munculnya hari kiamat juga ditandai dengan kehadiran sosok Imam Mahdi di saat keadaan bumi dan manusia yang sudah kacau balau. Munculnya Imam Mahdi ini menjadi pembela bagi umat muslim yang memiliki akhlak budi pekerti layaknya Rasulullah SAW. Imam Mahdi sendiri merupakan salah seorang yang berasal dari keturunan nabi Muhammad SAW. Selain itu Rasulullah SAW bersabda yang artinya

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: "Sesungguhnya Imam Mahdi akan keluar pada akhir zaman namanya Muhammad bin Abdullah atau Ahmad bin Abdillah. (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)".

4. Munculnya Dajjal

Munculnya Dajjal juga menjadi salah satu pertanda akan datangnya hari kiamat, sosok ini akan berusaha menghasut manusia agar tetap tidak beriman kepada Allah SWT, ia mengaku dirinya merupakan sosok yang tuhan yang begitu besar fitnahnya. Dengan segala macam sihir dan kekuatan yang dimilikinya ia akan mempengaruhi setiap umat manusia untuk berpaling dari jalan Tuhan. Sehingga banyak orang yang percaya bahwasanya sosok Dajjal ini merupakan sosok Tuhan.

BACA JUGA:Jangan Sampai Termakan Emosi, Segera Bacakan Doa Ini Ketika Marah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: