Jangan Memutus Tali Silaturahmi, Karena Bisa Menghambat Rezeki, Ini Hadist Tentang Pentingnya Hal Itu

Jangan Memutus Tali Silaturahmi, Karena Bisa Menghambat Rezeki, Ini Hadist Tentang Pentingnya Hal Itu

Jangan Memutus Tali Silaturrahmi, Karena Bisa Menghambat Rezeki, Ini Hadist Tentang Pentingnya Hal Itu--

RADARUTARA.ID- Menjaga hubungan baik dengan keluarga sahabat dan teman tidak tentu menjadi sebuah kewajiban bagi kita terutama bagi umat muslim, bahkan dalam Alquran Allah SWT telah berfirman barangsiapa yang mampu menjaga silaturahmi maka balasannya adalah surga. Seperti yang dijelaskan di dalam Alquran surah an-nisa ayat 36 yang berbunyi: 

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

Artinya: "Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri."

Selain itu di dalam sebuah hadis rasulullah SAW juga menekankan tentang silaturahmi yang artinya: "Tidak akan masuk surga orang yang memutus tali silaturahmi." (HR Bukhari)

BACA JUGA:Spesifikasi Honda NSR 150, Meski Motor Tua, Harganya Makin Melejit dan Tetap Jadi Primadona

Dalam hadis lain Rasulullah SAW juga menyarankan untuk saling berbuat baik kepada sesama, yang artinya: 

"Janganlah kalian saling membenci, janganlah saling mendengki, janganlah kalian saling membelakangi, dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara, tidak halal bagi seorang muslim mendiamkan saudaranya melebihi tiga malam." (HR Bukhari)

Ada banyak sekali hadis-hadis yang menjelaskan tentang keutamaan dan anjuran untuk menjaga silaturahmi seperti berikut ini: 

1. Anjuran Silaturahmi

Rasulullah SAW bersabda, "Beribadahlah pada Allah SWT dengan sempurna jangan syirik, dirikanlah salat, tunaikan zakat, dan jalinlah silaturahmi dengan orang tua dan saudara." (HR Bukhari)

2. Keutamaan Silaturahmi

Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT yang Maha Besar dan Maha Kuasa berfirman: Aku adalah yang Maha Pengasih (Ar-Rahman). Aku membuat ikatan persaudaraan dan memberinya nama dari nama-Ku. Jika siapa saja mempertahankan ikatan silaturahmi, mempertahankan hubungan dengannya. Dan Aku akan memutus hubungan dengan siapa saja yang memutuskan silaturahmi." (HR Abu Daud)

BACA JUGA:Misteri Air Terjun Curug Sembilan Bengkulu Utara, Dua Pengunjung Tersesat Karena Takabur

3. Silaturahmi Membawa Rezeki dan Menghapus Dosa

Rasulullah SAW bersabda, "Ketika tamu datang pada suatu kaum, maka ia datang dengan membawa rezekinya. Ketika ia keluar dari kaum, maka ia keluar dengan membawa pengampunan dosa bagi mereka." (HR Ad-Dailami)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: