Ibadah Qurban Cukup Sekali Seumur Hidup atau Setiap Tahun? Ini Kaya Buya Yahya

Ibadah Qurban Cukup Sekali Seumur Hidup atau Setiap Tahun? Ini Kaya Buya Yahya

Ibadah Qurban Cukup Sekali Seumur Hidup atau Setiap Tahun? Ini Kaya Buya Yahya--

RADARUTARA.ID- Ibadah kurban dilaksanakan setiap momen Idul Adha. Tepatnya, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada 10-13 Dzulhijah atau pada Hari Raya Idul Adha sampai tiga hari tasyrik. 

Dan jenis hewan yang boleh disembelih untuk kurban adalah ternak berupa kambing, domba, unta, sapi dan kerbau. kurban kambing/domba diperuntukan satu orang, sedangkan kurban unta, sapi dan kerbau untuk tujuh orang. 

Kurban sendiri bukan hanya untuk meneladani ketaqwaan Nabi Ibrahim saat menjalankan perintah Allah SWT untuk menyembelih Nabi Ismail. Tetapi, kurban termasuk ibadah yang diperintahkan Allah SWT dalam Al-Quran.

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah.” (Al-Kautsar: 1-2).

BACA JUGA:Berikut Jadwal Pertandingan Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Lalu, apa hukum berkurban dan apakah ibadah tersebut dilakukan sekali seumur hidup atau setiap tahun?

Kesunnahan Berkurban

Hukum menyembelih hewan kurban adalah sunnah. Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya mengatakan, kesunnahan berkurban berlaku setiap tahun bukan seumur hidup sekali. Memandang ibadah kurban cukup sekali dalam seumur hidup adalah pemahaman yang keliru.

“Ketahuilah (berkurban) seperti halnya puasa Arafah disunnahkan setiap bulan Haji tiba, setiap tahun. Maka menyembelih kurban juga dianjurkan setiap tahun,” ungkap Buya Yahya dikutip dari YouTube Buya Yahya, Kamis 25 April 2024.

“Jadi kapan datang bulan Haji, maka kita disunnahkan menyembelih kurban. Setiap orang satu disunnahkan. Kita boleh menyembelih dari satu, akan tetapi minimal satu orang satu,” lanjutnya.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Begini Tips Merawat Motor Setelah Digunakan Touring, Pastikan Kendaraanmu Tetap Prima

Upayakan Selalu Berkurban

Buya Yahya mengajak umat Islam berusaha agar setiap tahun selalu berkurban, paling tidak satu orang dalam keluarga ada yang berkurban. Syukur-syukur seluruh anggota keluarganya ikut berkurban.

“Jika kita punya anak lima berarti tujuh sama istri, maka disunahkan menyembelih tujuh (ekor kambing/domba). Kalau tidak enam ekor, kalau tidak lima ekor, kalau tidak empat ekor, atau paling tidak satu. Jangan sampai tidak menyembelih,” pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: