Bacaan Doa Buka Puasa Tarwiyah Lengkap dengan Artinya

Bacaan Doa Buka Puasa Tarwiyah Lengkap dengan Artinya

Bacaan Doa Buka Puasa Tarwiyah Lengkap dengan Artinya--

RADARUTARA.ID - Puasa Tarwiyah (jatuh pada 8 Zulhijah) adalab puasa sunnah yang menjadi awal dari rangkaian ibadah menyambut Hari Raya Idul Adha.

Umat Muslim yang menunaikan puasa Tarwiyah selama seharian penuh bisa membatalkan puasa saat Magrib. Berikut ini doa buka puasa puasa Tarwiyah yang bisa dibaca.

Puasa Tarwiyah dianjurkan untuk dikerjakan bagi umat Muslim yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.

Puasa sunnah ini disebut dengan "Puasa Tarwiyah" lantaran berkaitan dengan kegiatan yang dikerjakan oleh jamaah haji, yakni mengambil bekal air untuk melakukan perjalanan ke Arafah.

BACA JUGA:Meski Enak, Ini 5 Bahaya Makan Mie Instan Dicampur Nasi

Tak hanya itu, puasa Tarwiyah memiliki keutamaan yang luar biasa bagi orang yang mengerjakannya. Sebagaimana keutamaan tersebut tercantum dalam hadist berikut ini:

Artinya: "Puasa hari Tarwiyah bisa menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah bisa menghapus dosa dua tahun," (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

Doa buka puasa Tarwiyah tidak ada bedanya dengan doa yang dilafalkan saat berbuka puasa seperti pada umumnya. Di bawah ini ada beberapa doa buka puasa yang sahih untuk dibacakan.

BACA JUGA:Jamaah Haji Indonesia 2024 Peringati Haul Ke-5 Mbah Maimoen Zubair di Makkah

Doa buka puasa allahuma lakasumtu

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina.

Artinya: "Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih."

Doa buka puasa dzahaba dhomau

Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruqu wa tsabatal ajru insyaa-allah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: