Kirim Pahala untuk Mereka, Ini Bacaan Niat Qurban untuk Orang yang Sudah Meninggal

Kirim Pahala untuk Mereka, Ini Bacaan Niat Qurban untuk Orang yang Sudah Meninggal

Kirim Pahala untuk Mereka, Ini Bacaan Niat Qurban untuk Orang yang Sudah Meninggal --

RADARUTARA.ID- Niat qurban atas nama orang tua dilaksanakan oleh beberapa orang sebagai bentuk bakti dan balas budi. Amalan ini akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda.

Hari Raya Idul Adha yang sangat identik dengan ibadah menyembelih hewan qurban. Walaupun sunnah, ternyata banyak umat muslim yang ikut menunaikannya dan bahkan menyiapkan qurban atas nama orang tua.

Semua itu dilaksanakan sebagai bentuk balas budi terhadap jasa orang tua yang telah merawat dan membesarkan. Walaupun begitu, kalau pihak yang bersangkutan belum pernah berqurban maka dianjurkan untuk mendahulukan dirinya sendiri.

Hal itu dikarenakan kurban adalah sunnah muakkad, siapapun yang meninggalkannya bagi yang mampu maka hukumnya menjadi makruh. Maknanya mendahulukan qurban untuk keluarga ataupun orang tua menjadi hal yang hukumnya dimakruhkan.

BACA JUGA:Sering Jadi Pertanyaan, Apa Perbedaan Soda Kue dan Baking Soda?

Nabi Muhammad SAW menjadi teladan bagi umat islam di seluruh belahan dunia dalam hal ibadah, terutama berqurban. Beliau selalu sering menunaikan ibadah qurban hampir setiap tahun sebagai bentuk rasa bersyukur.

Niat beliau untuk berqurban bukan cuma untuk dirinya sendiri, namun juga atas nama keluarga dan orang tuanya. Seperti yang telah diriwayatkan dalam sebuah Ibnu Majah, bahwa Rasulullah bersabda:

Artinya:

“Rasulullah SAW berqurban dengan dua domba gemuk yang bertanduk, salah satunya untuk diri beliau dan keluarganya dan yang lain untuk orang-orang yang tidak berqurban dari umatnya” (HR. Ibnu Majah no.3122)

Hadits itu menjelaskan malau qurban atas nama orang tua memang diperbolehkan. Ketentuannya telah mendapatkan izin dari pihak terkait, yaitu orang tua yang akan diatasnamakan untuk berqurban.

Menurut Imam Hambali dan Hanafi, jika orang tua sudah meninggal maka masih diperbolehkan dan tetap sah. Almarhum ataupun almarhumah masih memperoleh banyak pahala dari ibadah qurban tersebut.

BACA JUGA:Ini 5 Jenis Teh Termahal di Dunia, Harganya Sampai Rp19 Miliar per Kg!

Bahkan, kalau ingin berqurban jangan lupa melafalkan niat sebelum memasuki proses penyembelihan:

* Niat dalam hati secara lirih sehingga tidak harus diucapkannya seperti bacaan berikut ini: Bismillahirrahmanirrahim. Allahu Akbaru Hadza Minka wa Ilayka. Tetapi saat ingin menyembelih hendaknya mengucapkan Bismillah dan Allahu Akbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: