Trik Jitu Bikin Lumpia Rebung Tanpa Bau Pesing, Cuma Perlu 1 Bahan Dapur Saja

Trik Jitu Bikin Lumpia Rebung Tanpa Bau Pesing, Cuma Perlu 1 Bahan Dapur Saja

Trik Jitu Bikin Lumpia Rebung Tanpa Bau Pesing, Cuma Perlu 1 Bahan Dapur Saja--

RADARUTARA.ID - Lumpia rebung atau biasa dikenal dengan Lumpia Semarang, adalah camilan yang berisi udang, rebung, telur, ataupun daging ayam.

Awal mulanya, lumpia rebung pertama kali dibuat di kota Semarang pada abad ke-19. Camilan ini diciptakan oleh seorang imigran dari Fujian, sehingga menjadi gabungan unik antara kuliner Jawa dan Tionghoa.

Rasa dari lumpia rebung umumnya gurih dengan isian yang segar, ditambah pula dengan tekstur renyah dari kulitnya. Walaupun begitu, ada satu masalah yang kerap mengganggu dari lumpia rebung, yakni baunya yang terkadang sangat menyengat.

Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti kualitas rebung yang digunakan sampai teknik pembuatan yang tidak tepat.

Tetapi, baunya yang menyengat pada lumpia rebung sebenarnya bisa dihindari dengan banyak cara. Bahkan, cuma dengan menggunakan satu bahan dapur saja sudah bisa menghilangkan bau amis dari lumpia rebung.

BACA JUGA:Produksi Buah Melinjo Menurun, Harga Emping di Enggano Melejit

Berikut ini ada beberapa cara supaya lumpia rebung tidak lagi bau pesing.

1. Gunakan Rempah Aromatik

Ada berbagai jenis rempah aromatik yang bisa digunakan, seperti daun salam, kemangi, daun jeruk, dan ketumbar. Tetapi, cukup memakai satu jenis saja sudah cukup untuk mencegah lumpia dengan aroma yang terlalu pesing.

2. Cari Rebung yang Tepat

Ada beberapa variasi jenis rebung, seperti rebung bambu betung dan rebung bambu kuning. Tetapi, untuk membuat lumpia, rebung bambu betung atau rebung putih adalah pilihan yang tepat. Ukuran rebung bambu betung juga lebih besar dibanding dengan jenis rebung lainnya.

BACA JUGA:Awas! 10 HP Ini Memiliki Pengaruh Radiasi Paling Tinggi, Termasuk Punya Kamu?

3. Rebus Rebung Menggunakan Air Garam

Memanfaatkan garam ketika merebus rebung bisa menciptakan larutan dengan tingkat keasaman yang seimbang yang bisa mengurangi aroma yang kurang sedap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: