Puasa Syawal dan Senin Kamis Digabung, Apa Boleh? Berikut Penjelasannya

Puasa Syawal dan Senin Kamis Digabung, Apa Boleh? Berikut Penjelasannya

Puasa Syawal dan Senin Kamis Digabung, Apa Boleh? Berikut Penjelasannya --

RADARUTARA.ID- Puasa Syawal merupakan ibadah Sunnah yang dilakukan saat bulan Syawal. Dan di bulan, ini pula umat Islam boleh mengerjakan puasa Senin-Kamis

Tapi, apakah boleh menggabungkan antara puasa Syawal dengan Puasa Senin-Kamis jika ada pihak yang ingin mengerjakan dua amalan ini sekaligus?

Secara utama, puasa Syawal dilaksanakan enam hari berturut-turut setelah Hari Raya Idul Fitri, yakni pada 2-7 Syawal. 

Kendati demikian, mengerjakan puasa Syawal tidak di hari yang berurutan pun diperbolehkan asalkan masih pada bulan Syawal. 

BACA JUGA:Bukan Nakal, Ternyata Ini Arti Orang yang Memiliki Pusaran atau uyeng-uyeng Dua di Kepalanya

Keutamaan mengerjakan puasa Sunnah, ini akan mendapat pahala berpuasa sepanjang tahun dan dilipatgandakan. Ini bersandar pada hadist berikut:

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ ... أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ[رواه الجماعة إلا البخاري والنسائي] .

Artinya: Dari Abi Ayyub al-Anshari r. a. (diriwayatkan) ... bahwa Rasulullah saw bersabda: Barang siapa sudah melakukan puasa Ramadan, kemudian menambahkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seolah-olah ia telah melaksanakan puasa sepanjang masa. [HR Jama'ah dan an-Nasa'i].

Tapi selain puasa Syawal, ada pula beragam puasa Sunnah lain yang sering dilakukan, seperti puasa Senin-Kamis. Bisakah kedua puasa ini digabung?

BACA JUGA:10 Universitas Terbaik se-Sumetera, Ada USU hingga UNIB

Hukum menggabungkan puasa Syawal dan Senin-Kamis

Dikutip dari laman Kemenag, menggabungkan puasa Syawal dan puasa Senin Kamis diperbolehkan.

Menurut para ulama, menggabungkan niat puasa Syawal dan Senin Kamis adalah sah dan tidak mengurangi pahala kedua ibadah tersebut. Sebab, keduanya adalah puasa sunnah yang memiliki kesamaan jenis dan bentuk ibadahnya.

Dengan demikian, seseorang akan mendapatkan pahala puasa Syawal dan puasa Senin Kamis. Apabila kamu berniat untuk menggabungkan kedua ibadah ini, jangan lupa untuk membaca niat terlebih dahulu.

BACA JUGA:7 Amalan Terbaik yang Bisa Dikerjakan di Malam Takbiran Menuju Idul Fitri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: