7 Amalan Terbaik yang Bisa Dikerjakan di Malam Takbiran Menuju Idul Fitri

7 Amalan Terbaik yang Bisa Dikerjakan di Malam Takbiran Menuju Idul Fitri

7 Amalan Terbaik yang Bisa Dikerjakan di Malam Takbiran Menuju Idul Fitri--

RADARUTARA.ID - Malam takbiran adalah malam yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, pasalnya menandakan berakhirnya bulan Ramadhan dan menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri. Malam ini umumnya dimeriahkan dengan takbir keliling dan banyak kegiatan lainnya.

Tetapi, apakah kamu tahu kalau ada beberapa amalan yang disarankan untuk dikerjakan di malam takbiran? Berikut ini beberapa amalan yang bisa kamu kerjakan untuk menyemarakkan malam takbiran: 

1. Mengumandangkan Takbir

Amalan utama di malam takbiran yaitu mengumandangkan takbir. Takbir bisa dikerjakan secara individu ataupun berjamaah. Takbir dimulai sejak terbenamnya matahari sampai menjelang salat Idul Fitri

BACA JUGA:Catat! Berikut 5 Tanda Orang yang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

2. Memperbanyak Doa

Malam takbiran adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Maka dari itu, perbanyaklah doa pada malam ini untuk meminta ampunan, kesehatan, dan kebahagiaan kepada Allah SWT. 

3. Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an adalah amalan yang mulia dan penuh pahala. Saat malam takbiran, kamu bisa membaca Al-Qur'an sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

4. Bersedekah

Bersedekah adalah amalan yang bisa membersihkan harta dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Saat malam takbiran, kamu bisa bersedekah kepada fakir miskin dan kaum duafa. 

BACA JUGA:5 Keutamaan Malam Takbiran Menuju Idul Fitri, Waktu Istimewa Umat Islam

5. Silaturahmi

Silaturahmi adalah amalan yang bisa mempererat tali persaudaraan antar sesama umat Islam. Di malam takbiran, kamu bisa mengunjungi keluarga dan sahabat untuk saling bermaafan dan bersilaturahmi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: