Jangan Sampai Keliru, Begini Tata Cara Bayar Zakat Fitrah Sesuai Ketentuan Islam

Jangan Sampai Keliru, Begini Tata Cara Bayar Zakat Fitrah Sesuai Ketentuan Islam

Jangan Sampai Keliru, Begini Tata Cara Bayar Zakat Fitrah Sesuai Ketentuan Islam--

Sesudah ditotal berapa tanggungan untuk dibayarkan zakat fitrah, hitunglah berapa zakat fitrah yang wajib kamu keluarkan. Kalau tidak ada tanggungan, maka kamu cukup membayar zakat fitrah untuk satu orang. Yaitu seberat beras 2,5 kg atau 3,5 liter, atau bisa juga dengan nominal uang tunai yang harganya setara.

5. Temukan Amil yang Terpercaya

Kamu dapat membayar zakat fitrah di masjid terdekat lokasi daerah tempat tinggalmu.

6. Niat Membayar Zakat Fitrah

Sebelum membayar zakat fitrah, jangan lupa untuk baca niat bayar zakat fitrah.  Niat Zakat Fitrah, “Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala.” Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Ta’ala.

BACA JUGA:Mbah Moen Sebut Keistimewaan Bulan April, Penentu Rezeki Setahun

7. Menyerahkan Zakat Fitrah Kepada Amil

Serahkan zakat fitrah kepada amil. Jika kamu membayarkan di masjid, maka kamu bisa menyerahkannya secara langsung berupa beras atau uang tunai. Antarkan ke masjid paling lambat malam hari sebelum sholat idul fitri.

8. Berdoa

Sesudab menyerahkan zakat fitrah, kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Doa sesudah menyerahkan zakat, “Rabbanaa taqabbal minna innaka antas samii’ul ‘aliim(u).” Artinya, “Ya Allah terimalah (amal ibadah) kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

9. Ikhlas dan Tidak Pernah Mengungkit

Yang terakhir, sesudsb menunaikan ibadah zakat fitrah, alangkah baiknya untuk mengikhlaskannya. Tidak mengungkit kepada siapapun jumlah nominal zakat yang sudah dibayarkan. Apalagi kalau sampai mengungkitkan di depan delapan asnaf yang menerima zakatmu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: