Jangan Sampai Keliru, Begini Tata Cara Bayar Zakat Fitrah Sesuai Ketentuan Islam

Jangan Sampai Keliru, Begini Tata Cara Bayar Zakat Fitrah Sesuai Ketentuan Islam

Jangan Sampai Keliru, Begini Tata Cara Bayar Zakat Fitrah Sesuai Ketentuan Islam--

RADARUTARA.ID- Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, yang mana setiap umat muslim memiliki kesempatan untuk beramal sebanyak-banyaknya. Sesudah melalui satu bulan dengan berpuasa, dirayakan dengan hari kemenangan, yakni Hari Raya Idul Fitri.

Di Hari Lebaran Idul Fitri, selurug umat muslim kembali ke fitrahnya. Sebelum menyambut Hari Raya Idul Fitri, seluruh umat muslim diwajibkan untuk membayar zakat agar menyucikan kembali jiwa, kembali ke fitrah.

Bukan hanya untuk menyucikan jiwa, zakat fitrah juga memilimi tujuan untuk membantu delapan asnaf mencukupkan pangannya di Hari Raya. Bukan cuma orang-orang yang mampu secara ekonomi saja, yang bisa merasakan nikmatnya Hari Raya Idul Fitri. Tetapi, mereka yang kurang mampu juga juga bisa merasakan berkahnya hari kemenangan.

BACA JUGA:Bacaan Dzikir Setelah Sholat Subuh Agar Dimudahkan Mencari Rezeki

Berikut ini ada tata cara membayar zakat fitrah yang sesuai dengan ketentuan Islam:

1. Perhatikan Makanan Sehari-hari

Zakat fitrah diambil dari makanan sehari-hari kamu. Maka dari itu, kamu harus melihat ke belakang, jenis makanan apa yang paling sering kamu makan, dan menjadi makanan sehari-harimu.

Jika kamu setiap hari makan nasi, maka makanan pokok yang harus kamu zakatkan yaitu beras.

2. Hitung Harga Makanan Sehari-hari

Kalau kamu ingin membayar zakat dengan nominal uang tunai, bukan berupa makanan pokok, kamu harus menghitung harga makanan sehari-hari. Biaya makanan pokokmu dalam satu hari dikalikan 2,5 kg atau 3,5 liter.

BACA JUGA:3 Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar, Malam Terbaik di Bulan Ramadan untuk Mengejar Pahala

3. Siapa Saja yang Perlu Kamu Bayarkan Zakat Fitrah

Orang yang harus kamu bayarkan zakat fitrah yaitu dirimu sendiri. Jika kamu mempunyai tanggungan keluarga, maka kamu juga harus membayarkan zakat fitrah untuk mereka. Kamu juga bisa membayarkan zakat fitrah untuk orang tuamu.

4. Hitung Zakat Fitrah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: