3 Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar, Malam Terbaik di Bulan Ramadan untuk Mengejar Pahala

3 Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar, Malam Terbaik di Bulan Ramadan untuk Mengejar Pahala

3 Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar, Malam Terbaik di Bulan Ramadan Untuk Mengejar Pahala--

RADARUTARA.ID - Lailatur Qadar merupakan malam penuh kemuliaan di bulan Ramadhan yang dinantikan oleh umat muslim, bahkan dianggap sebagai malam yang lebih baik dibanding seribu bulan. Malam Lailatul Qadar mempunyai keistimewaan lainnya, lantaran di malam ini Al-Qur`an diturunkan ke langit dunia dengan jumlah dan bentuk yang utuh. 

Di malam penuh kemuliaan ini, Allah menjanjikan kepada seluruh umatnya yang beribadah dengan sungguh-sungguh agar diampuni dosa-dosa di masa lalunya, dikabulkan hajat yang ia inginkan, sampai memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Kebanyakan ulama berpendapat kalau malam Lailatul Qadar umumnya jatuh pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Hal tersebut tercantum dalam hadist HR. Muslim, 

"Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadan, melebihi kesungguhan Beliau di waktu lainnya."

BACA JUGA:5 Jenis Kopi Ini Paling Hits dan Disukai Masyarakat Indonesia Tahun 2024

Kapan sebenarnya malam Lailatur Qadar datang di bulan Ramadhan hanya Allah SWT yang tahu. Allah SWT merahasiakan kapan datangnya Lailatur Qadar supaya manusia beribadah di semua malam bulan Ramadhan. Tetapi, ada tanda-tanda yang disampaikan untuk umat Islam akan datangnya malam Lailatul Qadar. 

Adapun Tanda-tanda malam Lailatul Qadar sebagai berikut: 

Diriwayatkan dari jalur Ubay bin Ka`ab, yang berkata, "Lailatul qadar itu adalah malam, saat Rasulullah memerintahkan kami untuk menegakkan salat di dalamnya, malam itu adalah malam yang cerah yakni malam ke-27 (dari bulan Ramadlan). Dan tanda-tandanya yaitu, di pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang terik menyilaukan" (H.R. Muslim 1272).

 BACA JUGA:Menelisik Asal Mula Tradisi Pemberian Uang THR Saat Lebaran di Indonesia

1. Matahari terbit tidak terlalu panas

Tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar yang pertama yaitu matahari yang terbit di pagi hari, sinarnya tidak terlalu panas dan cenderung meredup. Cuma terlihat terang putih di langit tetapi tidak panas. Bahkan bisa dikatakan cuaca hari itu sangatlah sejuk.

2. Angin berhembus lembut

Hadirnya malam Lailatul Qadar juga ditandai dengan hembusan angin yang lembut. Kenikmatan hembusan angin yang lembut ini diberikan Allah SWT supaya hamba-Nya bisa merasakan kesejukan di malam yang penuh rahmat.

3. Malam hari tampak terang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: