Kemenag Bengkulu Utara Sebut Zakat Fitrah Capai Rp5 miliar dan Beras 262 Ton

Kemenag Bengkulu Utara Sebut Zakat Fitrah Capai Rp5 miliar dan Beras 262 Ton

Kakan Kemenag Bengkulu Utara, saat menyampaikan hasil perolehan Zakat Fitrah di 2024--

RADARUTARA.ID - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Utara menyebutkan total zakat fitrah yang terkumpul dari masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara itu mencapai Rp5,1 miliar.

Tidak hanya uang saja, pengumpulan zakat fitrah pada ramadan 1445 H tersebut, meliputi beras mencapai 262.151 Kg atau 262,1 Ton yang telah dibayarkan oleh 236.616 Muzakki di Kabupaten Bengkulu Utara.

Kepala Kemenag Kabupaten Bengkulu Utara, Nopian Gustari, mengatakan pelaksanaan sholat Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 Masehi di Kabupaten Bengkulu Utara digelar pada 511 lokasi, termasuk di Balai Daerah.

Nopian menjelaskan sebelum dilaksanakan sholat id bersama Bupati Bengkulu Utara dan Forkopimda di Balai Daerah, Rabu (10/4/2024) pagi sekitar pukul 08.00 WIB, bahwa Kemenag Bengkulu Utara telah mencatat jumlah pengumpulan zakat fitrah diseluruh masjid dan musholla.

"Untuk zakat fitrah pada 1445 Hijriah telah terkumpul sebanyak Rp5,1 miliar dan beras sebanyak 262 ton dari seluruh masyarakat Bengkulu Utara," kata Nopian.

 BACA JUGA:Open House, Ratusan Masyarakat Serbu Rumah Wakil Bupati Bengkulu Utara Untuk Lebaran dan Foto Selfie

Ia mengatakan, berdasarkan laporan dari seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-kabupaten Bengkulu Utara, zakat fitrah telah disalurkan ke 53.089 mustahiq (orang yang berhak menerima zakat).

"Zakat yang telah terkumpul tersebut sudah disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya," lanjutnya.

Menurut Nopian, besaran zakat fitrah di Kabupaten Bengkulu Utara yaitu beras sebanyak 10 canting atau 2,5 kilogram per orang, sedangkan besaran zakat fitrah berupa uang terendah Rp35 ribu dan tertinggi Rp45 ribu.

"Sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri, masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara sudah membayarkan zakat fitrah dan sudah disampaikan kepada mustahiq," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: